Gusi berdarah setelah menggosok gigi - Periodonsia Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo drg. Nadia, Sp. Perioizin bertanya dok. ada pasien yang sering mengalami gusi berdarah setelah menggosok gigi/menggunakan tusuk gigi. pasien sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Gusi berdarah setelah menggosok gigi - Periodonsia Ask The Expert

    26 April 2022, 10:29
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo drg. Nadia, Sp. Perio

    izin bertanya dok. ada pasien yang sering mengalami gusi berdarah setelah menggosok gigi/menggunakan tusuk gigi. pasien sudah scaling namun keluhan tidak berkurang. darah yang keluar tidak banyak dan tidak ada gejala lain. menurut dokter kira2 faktor penyebabnya dan apa tanda 'red flag' dari gusi berdarah dok?

    terimakasih dok

26 April 2022, 11:29

Alo dokter, terima kasih untuk pertanyaannya

gusi berdarah merupakan indikator terdapat infeksi di dalam rongga mulut, sehingga jika berdarah biasanya masih terdapat infeksi di gusi, antara disebabkan oleh bakteri (plak dan karang gigi) ataupun trauma mekanis.

Untuk faktor pertama, info dari dokter pasien telah scaling dan seharusnya sudah tidak ada karang gigi di bagian luar, namun mungkin saja pasien dokter memiliki poket periodontal yang memungkinkan karang gigi masuk ke dalam gusi sampai dalam, sehingga perlu perawatan penunjang lain dari bidang spesialisasi kami untuk membersihkan karang gigi yang terdapat di dalam gusi pasien dokter.

Penggunaan tusuk gigi tidak kami sarankan karena dapat melukai gusi dan membuat gusi infeksi, sehingga pertama-tama untuk pasien dokter kami sarankan untuk berhenti menggunakan tusuk gigi, dan untuk menggunakan sikat gigi berbulu halus (soft), tidak ditekan keras, tidak digosok kencang, dan gerakan dari gusi ke gigi (vertikal) bukan horizontal.

 

Saya menganjurkan pasien dokter untuk memeriksakan kembali kesehatan gusinya ke dokter gigi spesialis periodonsia dok, karena gusi berdarah merupakan gejala awal dari gingivitis/periodontitis.

 

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat dok :)