Gizi ibu hamil dan menyusui saat puasa - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Wiji, SpGK.M.Gizi, bagaimana puasa pada ibu hamil dan menyusui? Apakah makanan yang sebaiknya dikonsumsi? Kapan sebaiknya ibu hamil/menyusui tidak...

Diskusi Dokter

12 April 2022, 16:46
dr.Wiji Lestari
dr.Wiji Lestari
Dokter Spesialis Gizi
Ibu hamil dan menyusui dapat berpuasa selama dalam kondisi sehat dan tidak ada masalah kehamilan. Yang penting adalah selama berpuasa ibu tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisinya selama berbuka- sahur. Bisa saja ibu memerlukan tambahan porsi makan di luar porsi makan sahur dan berbuka. Jika demikian, tetap perhatikan jeda waktu antar makan agar lambung tidak terlalu penuh di satu waktu dan metabolisme tetap terjaga. Sekitar 3-4 jam ibu dapat makan kembali setelah berbuka. Jenis makanan seimbang dan lengkap, hindari gula tambahan/sederhana. Penting untuk menjaga kecukupan cairan pada ibu hamil dan menyusui, penuhi 8-10 gelas air minum selama berbuka-sahur.
Ibu hamil tidak disarankan puasa bila terjadi dehidrasi dan gangguan pada kehamilannya. Secara umum berpuasa aman untuk ibu menyusui dan tidak mempengaruhi kualitas ASI, namun tidak disarankan berpuasa bila ibu mengalami dehidrasi berat selama menyusui.