Edukasi seperti apa yang tepat diberikan untuk pasien dengan gangguan tidur - Jiwa Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang, dr. Soeklola, Sp.KJ, ingin bertanya perihal gangguan tidur. Jika seseorang mengalami perubahan pola tidur, jadi terkadang bisa tidur seharian...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi seperti apa yang tepat diberikan untuk pasien dengan gangguan tidur - Jiwa Ask the Expert

    28 April 2021, 11:32

    Selamat siang, dr. Soeklola, Sp.KJ, ingin bertanya perihal gangguan tidur. Jika seseorang mengalami perubahan pola tidur, jadi terkadang bisa tidur seharian dan terkadang bisa tidak tidur sama sekali. Hal ini cukup menggangu pasien karena tidak menentunya pola tidur ini kadang membuat produktifitasnya juga naik turun Dok. Hal ini sudah berlangsung lebih dari 1 tahun, apakah ini bisa dikategorikan sebagai gangguan tidur Dok?

    Karena yang umum terjadi kan salah satu ya Dok, misalnya benar-benar sulit tidur (memulai, sering terbangun di malam hari kemudian kembali, atau bangunnya terlalu cepat dan tidak bisa tidur lagi), atau memang ngantuk yang berlebihan dan tidur yang berlebihan. 

    Bagaimana edukasi, yang bisa kita berikan untuk pasien dengan kondisi seperti ini Dok? Terima kasih Dokter.

28 April 2021, 12:08
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dr. Merry,

 

Untuk kasus pasien ini perlu ditelusuri lebih lanjut apakah ada pencetus lain dari gangguan tidur yang dialami. Beberapa orang bisa saja mengalami gangguan tidur terkait dengan pola pekerjaan dan aktivitas hariannya (misalnya bekerja di shif yang berubah-ubag seperti satpam, tenaga medis dan lainnya). Atau bisa saja gejala gangguan tidur ini bagian dari gangguan fisik lain (misalnya OSA, tumor otak, GERD, dan lainnya) maupun gangguan jiwa (gangguan cemas, gangguan mood, dan lainnya).  Maka perlu dikenali pada pasien ini bagian dari yang mana. Apalagi jika dilihat produktivitas pasien juga terganggu (besar kemungkinan bahwa gangguan ini tidak terjadi sendiri).

Jika bagian dari gangguan lain maka yang disarankan adalah melakukan penanganan dari gangguan yang ia alami.

Jika merupakan bagian tersendiri maka yang dapat disarankan berupa:

1. Membuat pola yang sama setiap harinya untuk jam tidur dan jam bangun. hal ini akan mengembalikan siklus tidur pasien yang terganggu (termasuk untuk terbangun di jam yang sama walaupun pasien telat tidur).

2. Pembiasaan Tempat tidur dan Kamar Tidur hanya untuk tidur saja dan tidak boleh aktivitas lainnya (misalnya main gawai, nonton tv atau baca)

3. Penerapan sleep hygine: berupa kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan

- yang boleh: olah raga teratur di pagi hari, kondisi kamar tidur yang nyaman.

yang tidak boleh: minum susu, kopi teh, coklat 6 jam sebelum tidur, olah raga sesaat sebelum tidur, makan berat kurang dari 4-6 jam sebelum tidur.

 

Semoga membantu

28 April 2021, 12:41

Terima kasih Dokter sangat membantu.

28 April 2021, 19:53
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
28 April 2021, 12:41

Terima kasih Dokter sangat membantu.

Sama-sama dr. Merry.