Protokol penatalaksanaan fraktur radius ulna yang sudah 3 minggu - Diskusi Dokter

general_alomedika

selamat siang dokter. mohon masukannya.saya mendapat kasus di IGD tempat bertugas. seorang laki2 12 tahun post KLL mengalami nyeri pada tangan kanan setelah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Protokol penatalaksanaan fraktur radius ulna yang sudah 3 minggu

    27 Agustus 2018, 14:15

    selamat siang dokter. mohon masukannya.



    saya mendapat kasus di IGD tempat bertugas. seorang laki2 12 tahun post KLL mengalami nyeri pada tangan kanan setelah terjatuh dari sepeda sehak 3 minggu lalu.



    MOI : naik sepeda terjatuh dengan tangan kanan menumpu dan terdindih badan ke sisi kanan.



    kemudian dari anamnesis didaptkan riwayat berobat pasien tidak ke dokter. namun ke dukun pijat dengan dilakukan pijat sebanyak 3x .



    pasien datang ke RS stelah 3 minggu pasca trauma nya.


    saat datang


    L: tampak deformitas tangan kanan. luka (-), compartement (-)


    F : AVN distal teraba baik. krepitasi (+)


    M: ROM pasif dan aktif terbatas nyeri.



    saya lampirkan foto klinis dan xray nya



    pertanyaannya apakah tatalaksana kasus seperti ini ada pertimbangan khusus mengingat kejadian frakturnya sudah 3 minggu atau lebih dan sudah mendapat tindakan pemijatan sebelumnya dari tenaga non medis? ataukah sama saja seperti tindalan fraktur pada umumnya?



    ini fto rontgen saat datang ke UGD stelah 3 minggu post KLLnya


27 Agustus 2018, 14:39
Alo dokter!
Kalo menurut hemat saya, pasien tersebut tetap harus melakukan reduksi internal dok. Karena seperti terlihat dari xray-nya, tulang sangat displaced dan fraktur sangat tidak stabil, kalo tidak dilakukan re-allignment tidak akan union dok. Dan kalo tidak diimobilisasi, tidak akan sembuh dok.
Pada kasus seperti ini, walaupun sudah 3 minggu, tetap indikasi untuk rujuk ortopedi. cmiiw.
27 Agustus 2018, 15:38
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Sedikit menambahkan dok.

Perhatikan bagian yang dilingkari merah pada foto. Terlihat jelas dislokasi ulnar head yang menunjukkan bahwa segmen distal tulang yang patah melayang dan tidak tersambung ke manapun. Hal ini merupakan concern utama untuk merujuk pasien ke ortopedi. Sisanya sih sama dengan dokter Qintha, ciptakan urgensi untuk rujukan dengan mengedukasi pasien bahwa jika tidak dirujuk, tangannya tidak akan sembuh.

Semoga bermanfaat dok.

27 Agustus 2018, 18:41
sepertinya memang harus dikonsulkan ke ortopedi dokter, apalagi setelah pemijatan, karena takut adanya cedera di jaringan lunaknya dok, dan yang pasti jenis fraktur radius ulna seperti ini harus tindakan reduksi dok, jelaskan saja pada pasien bahwa jika tidak dilakukan tindakan maka fungsi lengannya tidak akan kembali dok