Etika posting Cerita Pasien di Media Sosial - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, lagi viral nih tweet seorang dokter tentang isu rumah tangga pasiennya. Cerita tentang suami yang tidak siap menerima kepulangan isteri pertamanya...

Diskusi Dokter

15 Oktober 2018, 19:22

Alo doc, 

Sebenernya sih memang tergantung bagaimana cara pandangnya,

tapi setau saya, selama identitas pasien terjaga kerahasiaannya,  sekadar share cerita atau pengalaman seperti ini masih aman2 saja.. 

CMIIW. 

16 Oktober 2018, 16:07
dr. Alni
dr. Alni
Dokter Umum

ini kayanya Saya tau, dari twitter ya Dok :D

Iya sependapat dengan dr. Abi, selama tidak ada identitas pasien yang dibuka, menurut Saya tidak masalah sih Dok kalau dari segi etik. 

16 Oktober 2018, 22:36
Kalau aturan spertinya blm ada di Indonesia (di eropa udh ada). Mungkin jurnal dibawah ini bs jd bahan bacaan yg menarik dok.
Sy ga tau sih tweet nya spt apa, hehe.. tp mnrt saya sih bukan sebatas tidak mencantumkan identitas pasien saja ya, tp ada batasan2 etis lain yg mmg sebaiknya kita sbg dokter pegang. Kalau sy jd pasien dan cerita/curhatan saya tersebar, sy jg tdk akan merasa nyaman meski nama saya tdk dia sebutkan.

Tinjauan etika penggunaan media sosial oleh dokter. Pukovisa Prawiroharjo, Nurfanida Librianty. Terbitan Oktober 2017. http://ilmiah.id/index.php/jeki/article/view/7