Pilihan Dot Bayi pada bayi 2 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, untuk bayi usia 2 bbulan, penggunaan dot disarankan yg 1 lubang atau 2 lubang ya? atau tidak ada bedanya. BTK

Diskusi Dokter

  • Pilihan Dot Bayi pada bayi 2 bulan

  • dok, untuk bayi usia 2 bbulan, penggunaan dot disarankan yg 1 lubang atau 2 lubang ya? atau tidak ada bedanya. BTK

    selamat malam, dr. Wiji.

    penggunaan dot sebenarnya tidak disarankan ya untuk bayi yang mengkonsumsi ASIP (asi perah) karena dikhawatirkan bayi akan lupa puting. kecuali bayi memang sudah minum sufor.
    biasanya merk dot sudah memberikan tanda jika dot tsb untuk golongan umur tertentu, seperti 0 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan dan seterusnya. jadi menurut sy dapat dilihat dari tulisan tsb sj dok.
    Ijin jawab dok. Sebaiknya anak asip tidak dberikan dot untuk menghindari bingung puting, media pemberian ASIP lain banyak, bsa menggunakan sendok, sippy cup atau pipet tetes. Apabila si ibu akan bekerja, dan pilihan akhir mmg menggunakan dot. Dot dikenalkan mulai akhir bulan ketiga, agar sedikit mengurangi bingung puting. Untuk ukuran dot. Biasanya usia 2 bulan masih memakai nipple newborn (0+). Karena lubang nya mash sangat kecil untuk menghindari bayi tersedak saat minum menggunakan dot. Terimakasih.
    mencoba menambahkan ya dok ,

    memang penggunaan dot tidak disarankan untuk bayi karena risiko terjadi bingung puting ,
    lebih disarankan menggunakan cup feeder, atau sendok diberikan sedikit2

    bila ibu tetap mau pakai dot ,
    disarankan memilih yang memang sesuai usia bayi , dan utamakan yang memiliki regulator agar bayi tidak mudah tersedak, dan membantu bayi mengeluarkan usaha untuk menyedot sebagai akibat adanya pembatas berupa regulator (diharapkan usaha mengenyotnya spt minum ASI dari PD)

    mengenai dot dua lubang atau satu lubang , sebenarnya dot dua lubang diharapkan membantu bayi beradaptasi dengan pancaran susu lebih dari satu titik, karena bila menyusu dengan PD akan ada pancaran ASI yang lebih dari satu.

    semuanya disetting agar bayi bisa beradaptasi dengan mudah , dari PD ke dot dan sebaliknya =)