Donor plasma konvalesen pada pasien COVID-19 apakah memberikan hasil yang signifikan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya.Ada studi yg saya baca bahwa pemberian plasma konvalesen pada pasien covid tidak menghasilkan prognosis yg berbeda secara...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Donor plasma konvalesen pada pasien COVID-19 apakah memberikan hasil yang signifikan

    16 Mei 2021, 14:08
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin bertanya.

    Ada studi yg saya baca bahwa pemberian plasma konvalesen pada pasien covid tidak menghasilkan prognosis yg berbeda secara significant antara yg mendapat donor plasma ataupun tidak. Menurut dokter, bagaimana dg kasus2 covid yg saat ini banyak mencari-cari donor plasma?

18 Mei 2021, 09:01

ALO, Dokter!

Studi-studi terbaru memang menunjukkan bahwa plasma konvalesen tidak efektif terhadap COVID-19. Sebuah uji acak terkontrol di India terhadap 464 pasien COVID-19 gejala sedang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengurangan mortalitas 28 hari pada pasien yang mendapatkan plasma konvalesen dibandingkan dengan terapi standar.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7578662/

Sebuah uji acak terkontrol di China terhadap 103 pasien yang kritis juga menunjukkan hal yang serupa. Tidak ada perbedaan bermakna dalam hal mortalitas 28 hari pada pasien yang diberikan plasma konvalesen dibandingkan dengan pasien yang menerima terapi standar.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7270883/

Di alomedika juga sudah dipernah diulas nih, Dok.

https://www.alomedika.com/cme-efektivitas-dan-keamanan-plasma-konvalesen-sebagai-terapi-covid-19

Mungkin edukasi ke teman sejawat dan masyarakat awam perlu ditingkatkan lagi terkait terapi COVID-19 agar menghindari penggunaan terapi2 yang belum terbukti efektif. Bagaimana menurut TS yang lain?