Diet untuk Lansia dengan Hipertensi - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Khrisnugra Ramadhani, MGizi, SpGK, pada pasien lansia dengan BMI yang mengalami hipertensi dan konsumsi obat rutin, diet yang dianjurkan bagaimana ya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diet untuk Lansia dengan Hipertensi - Gizi Klinik Ask The Expert

    21 Juli 2022, 11:29
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Khrisnugra Ramadhani, MGizi, SpGK, pada pasien lansia dengan BMI yang mengalami hipertensi dan konsumsi obat rutin, diet yang dianjurkan bagaimana ya Dok. Apakah kadar maksimal konsumsi garam harian nya juga sama dengan pasien non lansia?

21 Juli 2022, 11:40
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

ALO Dokter! dr. Khrisnugra Ramadhani, M. Gizi, Sp. GK akan segera menjawab pertanyaan ini ya Dok. Mohon ditunggu. Terimakasih sebelumnya.

21 Juli 2022, 15:36

Alo dokter

Pada lansia akan mengalami perubahan fisiologis salah satunya perubahan rasa, di  mana terjadi penurunan rasa asin. Dilain pihak, pada lansia berisiko tinggi mengalami hypernatremia karena kelebihan asupan natrium dan dehidrasi (karena kurang minum), dan juga berisiko tinggi mengalami hyponatremia karena mengalami retensi cairan.

 

Pada lansia yang disertai dengan hipertensi sebaiknya mengonsumsi natrium < 1500 mg  atau 2/3 sdk teh.

Komsumsi asupan sayur  2-3 porsi perhari dan asupan buah 2-4 porsi perhari. Karena buah dan sayuran mengandung tinggi kalium yang dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah.

 

Demikian dok semoga bermanfaat