Diet sumber vitamin C dan vitamin D - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Lily, Sp.GKSaat pandemi ini banyak pasien menanyakan apakah mereka perlu mengonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin D untuk mengurangi risiko...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diet sumber vitamin C dan vitamin D - Gizi Klinik Ask The Expert

    29 Juli 2021, 14:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Lily, Sp.GK

    Saat pandemi ini banyak pasien menanyakan apakah mereka perlu mengonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin D untuk mengurangi risiko terkena COVID-19. Sebenarnya apakah suplemen ini diperlukan? Atau apakah sudah cukup dari diet alami saja? Kira-kira makanan apa saja ya dok yang baik disarankan untuk hal ini? Terima kasih.

29 Juli 2021, 14:39

Selamat siang dokter,

Saat pandemi, kita memang perlu meningkatkan daya tahan tubuh kita agar kita dapat kuat melawan infeksi virus yang masuk. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah status gizi, yaitu kita sangat dianjurkan untuk menjaga berat badan ideal. Dengan demikian, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan komposisi seimbang dan meningkatkan asupan buah dan sayur. Konsumsi diet seimbang dengan cukup buah dan sayur pada umumnya dapat memenuhi angka kecukupan vitamin dan mineral harian. Selain itu, tetap diperlukan untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit hari.

Untuk dapat mememenuhi kebutuhan vitamin D, pada orang dewasa sehat, usia muda, berada di Pulau Jawa, dianjurkan untuk berjemur sekitar pukul 9.00 (UV indeks 4-5) selama 10 menit dengan area pajanan pada wajah, tungkai, dan lengan untuk mendapatkan 1000 IU vitamin D. Vitamin C dapat diperoleh dengan mudah pada berbagai buah-buah tropis, seperti jambu, jeruk, strowberi, dan lain sebagainya. Namun, apabila pasien mengalami penurunan kondisi atau peningkatan kebutuhan, maka pasien dapat diberikan suplementasi multivitamin dan mineral, paling tidak sebesar 1 kali Angka Kecukupan Gizi (AKG). 

Jangan lupa, hal yang utama adalah mematuhi protokol kesehatan. Stay safe semuanya!