Diet pasien ginjal dan hipertensi - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Wiji,Sp.GK, izin bertanya dokter bagaimana asupan nutrisi dan cairan pada pasien gangguan ginjal dan hipertensi? Terutama pasien yang sudah...

Diskusi Dokter

12 April 2022, 18:54
dr.Wiji Lestari
dr.Wiji Lestari
Dokter Spesialis Gizi
Nutrisi pada pasien lansia dengan gangguan ginjal tergantung dari status nutrisi, stadium penyakit ginjal, penyakit penyerta, dialisis/ tidak.
Berbeda terutama dalam hal pemberian proteinnya. Sebagai contoh, pasien gagal ginjal stage 3-5 tanpa dialisis kebutuhan proteinnya akan berbeda dengan yang menjalani dialisis. Selain itu jenis protein juga diperhatikan, haruslah  protein dengan high biological value dan tinggi sumber asam amino rantai cabang untuk mengimbangi katabolisme yang terjadi. Cairan juga demikian, mempertimbangkan balansnya. Banyak hal dalam diet pasien gangguan ginjal yang harus diperhatikan. selain kalori protein dan cairan juga perlu perhatikan fosfor, kalsium, natrium, kalium, vitamin-vitamin. Disarankan sejak awal pasien gangguan ginjal dimonitor status gizi meliputi komposisi tubuh dan asupan, serta status metaboliknya untuk kemudian dibuatkan anjuran diet yang sesuai.