Diagnosis dan penanganan hemangioma- Bedah Vaskular Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Teguh Marten, M.Kes, Sp.B, Sub.BVE., izin bertanya dokter.Apa saja indikasi bedah pada kasus hemangioma? Lalu apakah biopsi sebelum pembedahan perlu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diagnosis dan penanganan hemangioma- Bedah Vaskular Ask the Expert

    09 November 2021, 13:01

    Alo dr. Teguh Marten, M.Kes, Sp.B, Sub.BVE., izin bertanya dokter.

    Apa saja indikasi bedah pada kasus hemangioma? Lalu apakah biopsi sebelum pembedahan perlu selalu dilakukan untuk memastikan diagnosis pasti hemangioma?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

09 November 2021, 13:27

Terimakasih,

Hemangioma adalah diagnosis Klinis; yaitu: hanya terjadi pada anak (tidak ada hemangioma pada remaja apalagi dewasa dan orangtua) berupa benjolan kemerahan / kebiruan yang sudah ada saat lahir (congenital hemangioma) atau setelah lahir (infantile hemangioma). Pada kasus congenital hemangioma, sering saat lahir sedang dalam proses involusi (Rapid involuting hemangioma) sehingga hanya cukup observasi; atau non-involuting hemangioma; pada tipe non-involuting ini bila "operabel" (tidak luas, meliputi organ vital, dll) dapat disarankan operasi (eksisi).  Pada kasus Infantile Hemangioma, umum nya tumbuh sangat cepat, biasanya kita berikan obat-obat dulu seperti steroid dan propranolol. Akan kita operasi jika tidak respon dan cukup Operabel.  Pilihan lain adalah jika hemangiomanya kecil dan mudah operabilitasnya, lebih baik operasi langsung daripada menunggu, karena kita tidak tahu perkembangan ke depannya.

Biopsi umumnya tidak perlu; kecuali dicurigai tumor ganas karena misalnya sifatnya terlalu progresif

09 November 2021, 13:28
Baik dokter, sangat  bermanfaat  untuk jawabannya, terimakasih  dok 🙏🙏