Bayi dengan ruam pada kulit yang semakin meluas - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon saran sejawat..apakah ini bnr DA. awal lahir timbul di pipi saja. Konsul Sp.A alergi susu sapi tp tdk di blng anak sy DA. Disarankan ganti susu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bayi dengan ruam pada kulit yang semakin meluas

    08 Agustus 2020, 22:05

    Mohon saran sejawat..apakah ini bnr DA. awal lahir timbul di pipi saja. Konsul Sp.A alergi susu sapi tp tdk di blng anak sy DA. Disarankan ganti susu gol.P-HP Krn anak sy alergi susu sapi. stlah ganti susu semakin bnyk. Sy sdh pantangin pencetus nyah sprti susu, keju, telor,makanan laut. Tp msh sm hsl nya. Klo dr riwayat penyakit sy dan riwayat kel. Sy tak ada. Namun mungkin di suami ada gangguan kulit sisik pd kakinya saja. Apa yg hrs sy lakukan????

10 Agustus 2020, 07:36

Alo dokter,

Melihat dari foto, lesi seperti gambaran Psoriasis. Sebaiknya dikonsulkan ke spesialis kulit. CMIIW

Referensi psoriasis neonatal http://www.indianpediatrics.net/feb2006/182.pdf

10 Agustus 2020, 08:32
Selamat pagi,


Untuk menentukan DA bisa menggunakan pemeriksaan darah eosinofil atau menggunakan test alergi

Untuk lebih jelas bisa menggunakan kerokan kulit atau biopsi kulit untuk mengidentifikasi penyebab ruam

Terima kasih
10 Agustus 2020, 11:13
Siang dokter, sepertinya dokter sudah melakukan tes eliminasi provokasi sesuai anjuran dokter anaknya namun lesi masih muncul dan meluas. Lesi di kulitnya seperti gambaran urtikaria.          Saran saya lakukan pemeriksaan penunjang seperti tes alergi (prick/patch test) dan pemeriksaan lab eosinofil serta IgE spesifik untuk menentukan etiologinya apakah karena dermatitis atopik atau yg lain dan konsultasi ke dr SpKK/dr anak konsultan alergi imunologi. 
10 Agustus 2020, 11:58
Baik. Terimakasih sejawat semua atas saran nyah. 
10 Agustus 2020, 22:26
Lesi central healing dg pinggir aktif kemerahan,
Hindari lembab, basah dan keringat,
Tinea corporis menurut saya...
11 Agustus 2020, 12:48
Kayanya dermatitis krn kulit kering akibat diberi obat luar spt : minyak telon dll jadi termasuk dermatitis contact
11 Agustus 2020, 12:59
Saya mencoba menelaah kasus ini...kl dilihat dari gejala dan gambaran klinis kulitnya saya mendiagnosa kerja pasiennini dengan dermatitis alergi ec sangk alergi susu sapi. Utk terapi bila ibu masih memberikan ASI silahkan tetapai ibu pasien hrs eliminasi makanan yg mengandung susu sapi. Bila tdk mendaptkam asiil, susu yg plng tepat adalah susu extensif hidrolise, bukan susu PHP ,susu PHP d berikan untuk pencegahan alergi.saat ini klinis anak SDH menunjukkan DA pilihannya extensif hidrolise atau asam amino bila kondisi berat.berikan 2-4 mgg lakukka evaluasi , eliminasi dan provokasi. Bila setelah 2 mgg d provokasi tmbl gejala, berarti anak ini alergi protein susu sapi. D teruskan susu sampai bayi usia 6 bln. Th/ medikamentisa blh berikan emolien dan kortikosteroid,serta obat anti alergi SPT cetirizin ,loratadin dll. Semoga bisa membantu.terimakasih.
15 Agustus 2020, 12:59
Makasih dok sharing kasusnya