Pasien Anak Laki laki usia 7 tahun dengan dada berdebar, nyeri di area dada tengah - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, mohon bantuannya pada EKG pasien berikut. Pasien Anak Laki laki 7 thn, BB 33,5 kg keluhan Dada dirasa berdebar-debar, sesak napas +, nyeri dada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien Anak Laki laki usia 7 tahun dengan dada berdebar, nyeri di area dada tengah

    26 September 2022, 14:42
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, mohon bantuannya pada EKG pasien berikut. Pasien Anak Laki laki 7 thn, BB 33,5 kg keluhan Dada dirasa berdebar-debar, sesak napas +, nyeri dada dirasakan (+) di area dada tengah, mual -, muntah. Riw sakit lain: dalam pengobatan pneumonia + demam tifoid

     N 182x/m ireguler, S 36,8 RR 25x/m, Saturasi 100%

    BJ I dan II reg, G (-) M (-). Pemeriksaan lain dalam batas normal

    Mohon bantuannya utk terapi tepat yang dapat diberikan di kondisi emergency. Terimakasih 🙏🏻

26 September 2022, 15:34

Alo Dokter, izin ikut berdiskusi ya Dok. Jika melihat dari EKG kemungkinan adanya supraventrikular takikardi, namun mungkin perlu disesuaikan dengan kondisi klinisnya dan juga perlu dicari tahu penyebab yang mendasari. Kondisi hemodinamik juga perlu dipastikan apakah stabil atau tidak. Jika pada tatalaksana svt yang dapat dilakukan tatalaksana akut dengan manuver vagal, serta pilihan obatnya seperti calcium channel blocker. Berikut referensi yang dapat digunakan Dok: https://www.alomedika.com/penyakit/kardiologi/supraventricular-tachycardia/penatalaksanaan

Turut menyimak juga diskusi TS lainnya, mohon koreksi jika ada kekurangan, terima kasih Dok semoga membantu

26 September 2022, 16:26
dr. Felicia
dr. Felicia
Dokter Umum

ALO dokter,

Ijin ikut berdiskusi dok

Keluhan dan gambaran EKG ini didapatkan pada anak berusia <12 tahun. Dari gambaran EKG didapatkan sinus takikardia dengan RV strain yang bisa juga menjadi varian normal pada anak-anak. 

Pada anak <12 tahun, gambaran RV strain (RAD, gelombang R prominen di anterior lead V1-3). Kebanyakan pada anak berusia ini, takikardia terjadi karena infeksi, sehingga perlu dilakukan workup diagnosis untuk infeksi dan keadaan lain seperti dehidrasi. Kalo dari kasus, dokter bilang anaknya muntah ya dok.

Selain itu, jangan lupa untuk melihat kembali obat-obatan yang telah diberikan, terutama sabutamol sistemik (tablet/sirup) maupun inhalasi, karena salbutamol beta receptor agonis jadi bisa menyebabkan sinus takikardia, hal ini kenapa sebabnya salbutamol sistemik (oral) tidak diberikan. Selain itu, bisa juga karena pseudoefedrin.

Penyebab lainnya adalah excitement, cemas, dan olahraga. Anemia dan hipertiroid juga bisa. Penyebab kardiak biasanya jarang, kecuali kalo ada riwayat PJB di anak.

DD untuk keadaan ini adalah SVT, sebaiknya dilakukan monitoring EKG berkala. SVT biasanya ratenya konstan dengan sudden onset-offset dengan denyut >180 kali/menit, tapi kalo sinus takikardia biasanya variatif dari waktu ke waktu dan peningkatan atau penurunan ratenya lebih lamban.

 

Seperti yang dikatakan dr Olvy di atas, bila secara hemodinamik stabil, bisa coba vagal manuver untuk turunkan rate, tapi dicek kembali pada EKG. Pada anak, bisa dengan splashing air dingin (air es) ke wajah anak atau pakai ice pack ke leher anaknya. Valsava bisa dilakukan dengan meminta anak untuk menium sedotan atau masase sinus karotis. 

 

CMIIW

 

Semoga membantu

26 September 2022, 16:35
Perlu rujuk ke spesialis
26 September 2022, 16:58
Ijin menjawab dokter,
Sekaligus saya ijin memberikan ekg versi digital nya untuk membantu pembacaan yg lebih baikDari vital signnya kesan sangat tidak stabil ya dok, nadinya sangat cepat, napasnya juga cepat dengan keluhan sesak napas, perlu dipastikan lagi ABC nya supaya bisa clear. Proses infeksi dan demam dapat dengan sangat pesat meningkatkan nadi.Untuk ekgnya
Irama sinus (tampak gel P diikuti QRS di lead 1)
Nadi 180-200x/m
Axis RAD (normal <12 thn)
Gel p tampak normal
Interval pr tampak normal
Qrs tampak normal
St segmen tidak didapatkan elevasi maupun depresi
Lain2 tidak ditemukan kelainanKesimpulan: sinus takikardiKalau saya bisa lebih difokuskan untuk stabilisasi dan optimalisasi terapi dulu dok terutama di bagian infeksinya. Sementara EKGnya kesannya seperti menakutkan tapi diobservasi lagi nanti setelah terapi maksimal. Pastikan breathingnya clear, demamnya bisa turun, cukupi kebutuhan cairan, pasang kateter bila perlu untuk monitor urin.Cek DL, elektrolit, UL, widal dan rotngen toraks bisa membantu mendiagnosis. Konsul ke dokter anak setelah stabil.Mohon koreksi dan masukan jika ada kesalahan dokter, terima kasih.