Bolehkah ibu yang sedang hamil untuk menyusui? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok.. ijin bertanyaapakah ibu hamil di trimester 1 yg memiliki balita yg masih mendapatkan asi boleh tetap menyusui aktif?karena cukup sering terjadi pada...

Diskusi Dokter

21 Juli 2019, 21:12
Alo dok.. selamat malam.
Ikut diskusi ya dok.

Untuk menyusui saat sedang hamil sebenarnya sebagian besar ahli tetap bolehkan. Memang banyak yang khawatirkan menyusui dapat memicu kontraksi uterus. Namun selama hamil nya dalam kondisi baik, biasanya kontraksi ini sifatnya ringan dan tidak dipermasalahkan. Secara umum dikatakan tidak picu atau sebabkan persalinan prematur. Karena kalau hormon oksitosin yang dilepaskan selama menyusui, biasanya dilepaskan dalam jumlah kecil yang tidak cukup kuat untuk memicu persalinan.

Namun sebaiknya dipertimbangkan lagi bila saja ada kehamilan risiko tinggi, atau hamil gemelli, atau ada perdarahan di kehamilan (yang juga dianjurkan untuk hindari hubungan seksual). 

Memang namun studi terkait konsekuensi menyusui selama hamil sendiri belum begitu jelas serta beberapa masih hasilnya kontradiktif. Namun secara umum, salah satu sistematik review th 2017 ada yang menyatakan bahwa menyusui selama hamil tidak mempengaruhi kehamilan maupun berat janin nantinya, hinhga IUGR. 

Baiknya, mengingat anak juga sudah usia diatas satu tahun, pikirkan juga untuk mulai melakukan weaning ke makanan keluarga. Kecuali memang bayi masih dibawah 6 bulan yang bergantung sepenuhnya dengan ASI. 

Dari beberapa sumber katakan biasanya bisa selama 4-5 bulan kehamilan maka berangsur ASI produksinya menurun. 

Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/24305595/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/28642112/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5058410/

https://americanpregnancy.org/breastfeeding/breastfeeding-while-pregnant/
22 Juli 2019, 20:52
baik dok trimakasih dok 😊
21 Juli 2019, 21:32
dr. Melsa Aprima, SpPD
dr. Melsa Aprima, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodok, setau saya tidak disarankan dok utk menyusui pd ibu hamil, krna hormon oksitosin nya bisa menyebabkan kontraksi rahim jd berisiko abortus. Tp mungkin utk lebih lengkapnya rekan sejawat SpOG bisa menambahkan. 
Terima kasih
22 Juli 2019, 20:52
baik dok trimakasih infonya dok 😊
22 Juli 2019, 14:24
dr.Gregorius Tanamas, SpOG
dr.Gregorius Tanamas, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo TS

Menyusui selama hamil memang memiliki dampak yang kecil terhadap kehamilan normal. Namun, apakah kondisi nutrisi, kualitas ASI, dan komposisi ASI masih bagus tidak diketahui dan butuh data lebih lanjut. Sekedar saran bila bayi sudah > 1 tahun dan memungkinkan, sebaiknya tidak dilanjutkan ASI saat hamil.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/28642112/
22 Juli 2019, 20:53
baik dok.. trimakasih bnyak infonya
22 Juli 2019, 16:46
dr. Fatimah Hidayati, Sp.A
dr. Fatimah Hidayati, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
Boleh saja selama ibu tdk mengalami kontraksi, perdarahan, atau masalah kehamilan lainnya..dan bayi yg sedang di kandung jg wajib dipastikan berkembang dgn baik..
Hak anak menyusu selama 2 tahun..bukan hanya nutrisi, kelekatan dan segala manfaat ASI lainnya.penuhi haknya jika mampu..
Jika anak sudah mulai makan,, maka MPASI bs diperbanyak, usia di atas 1 thn, bs ditambahkan UHT..di atas 2 tahun, sdh bs disapih sepenuhnya..
22 Juli 2019, 16:56
Terima kasih dok infonya
22 Juli 2019, 20:53
baik dok trimakasih infonya 😊
22 Juli 2019, 22:13
Alodok..

Topik yang sangat menarik terkait breastfeeding during pregnancy (BDP).

Saya menemukan sistematic review yg mengkaji masalah ini. Dari telaah kritis terkait tulisan tsb ditemukan tidak ada masalah dalam menyusui selama hamil selama tidak ada permasalahan serius pada kehamilan saat ini.

BDP tidak menyebabkan persalinan prematur karena oksitosis yg keluar tidak dapat mencetuskan terjadi nya persalinan serta tidak berhubungan dengan BBLR serta pertumbuhan janin terhambat.

Isu yg penting pada BDP ini, terutama pada negara berkembang, adalah menjaga asupan nutrisi ibu cukup karena memastikan ASI berkualitas sembari menjaga nutrisi ke janin yg dikandung berada dalam keadaan yang baik juga.

Sumber:
Breastfeeding during pregnancy: A systematic review