Berpuasa pada pasien dengan hipertensi - Kardiologi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sony Hilal Wicaksono, Sp. JP(K), izin bertanya dokter.Pada pasien dengan hipertensi, apakah ada batasan dimana tekanan darah tertentu sebaiknya tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Berpuasa pada pasien dengan hipertensi - Kardiologi Ask The Expert

    09 April 2021, 13:01

    Alo dr. Sony Hilal Wicaksono, Sp. JP(K), izin bertanya dokter.

    Pada pasien dengan hipertensi, apakah ada batasan dimana tekanan darah tertentu sebaiknya tidak berpuasa, lalu sebaiknya obat anti hipertensi lebih baik diminum saat sahur atau saat berbuka puasa?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

09 April 2021, 13:21
Tekanan darah di luar rs dianjurkan dilakukan pada saat pagi hari (bangun tidur) dan malam hari saat mau tidur. Dan bila ada keluhan yang dirasakan yang diduga indikator tensi sedang abnormal (sakit kepala/pundak, nyeri dada, sesak napas, berdebar, lemas, seperti mau pingsan, dsb).


Obat antihipertensi biasanya dianjurkan pagi atau malam. Maka obat antihypertensive yang biasa dikonsumsi pagi pindah ke waktu sahur, sementara obat antihypertensive yang biasa dikonsumsi malam tidak perlu diubah. Bila ada obat antihypertensive yang biasa dikonsumsi siang, bisa pindah ke sahur atau saat buka tergantung jumlah obat yang bersamaan dikonsumsi yaitu ke yang lebih sedikit jumlah obatnya.