Apakah nebuliser NaCl0,9% dapat mengurangi lendir pada kasus batuk pilek pada bayi usia 2 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pasien bayi, umur 2 bulan, datang dengan keluhan lendir disertai dengan bunyi napas grok-grok, produksi lendir disertai dengan keluhan batuk (sesekali),...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah nebuliser NaCl0,9% dapat mengurangi lendir pada kasus batuk pilek pada bayi usia 2 bulan

    07 Maret 2020, 18:59

    Pasien bayi, umur 2 bulan, datang dengan keluhan lendir disertai dengan bunyi napas grok-grok, produksi lendir disertai dengan keluhan batuk (sesekali), bersin-bersin (+), keluhan demam disangkal oleh ibu pasien. KU anak: baik, tidak rewel. PF: wheezing (-), ronkhi (-) Apakah untuk mengurangi lendir pasien dapat dinebul dengan NaCl 0,9 %? Atau tidak perlu penanganan khusus? Mohon sharingnya dok 🙏

07 Maret 2020, 20:13

Selamat malam Dokter, bayi mengalami napas grok grok? namun pada PF tidak ditemukan ronkhi atau suara napas tambahan lain dokter? Bersin-bersin namun tidak ada demam? Frekuensi pernapasan nya bagaimana dokter? apakah anak terlihat sesak? retraksi? 

Jika memang tidak ada , apakah bersinnya dipicu oleh sesuatu Dokter? mungkin ada anggota keluarga yang merokok? debu? atau kipas yang belum dibersihkan?

Mungkin perlu diobservasi dulu Dokter, dan diberikan edukasi untuk menghindarkan zat atau bahan yang kira-kira memicu bersin-bersin pada bayi. 

Untuk guideline nebu hanya dengan NaCL terlebih pada bayi, saya belum menemukannya ya Dokter. 

Jika ada kecurigaan bronkiolitis, mungkin link berikut bisa membantu Dokter.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4778699/

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW.

12 Maret 2020, 10:38

Alodok,

izin menjawab dan diskusi ya dok

Nebulisasi pada bayi memang terbukti efektif namun dalam penerapannya memerlukan pengawasan efektif agar tidak menimbulkan efek samping. Sebelum dilakukan nebulisasi perlu di explorasi lebih lanjut mengenai penyebab timbulnya dahak agar pengobatan tepat sasaran.

Penggunaan NaCl pada nebulisasi memang efektif namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa konsentrasi NaCl 0,9% kurang begitu efektif dibandingkan konsentrasi NaCl yang lebih tinggi (misalnya 3%)

http://repository.lppm.unila.ac.id/5324/1/1124-1726-1-PB.pdf

Journal 2

CMIIW

16 Maret 2020, 06:20
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Menggunakan Nacl 3% sebagai konsentrasi yang akan menarik sekret yaa dok