Batasan Usia pada Resep dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Bagi TS medical advisor, poin keselamatan pasien tentu sudah menjadi keutamaan dalam melakukan peresepan secara daring. Tidak terkecuali dalam menanyakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Batasan Usia pada Resep dalam Chat Bersama Dokter

    04 Desember 2020, 18:01

    Bagi TS medical advisor, poin keselamatan pasien tentu sudah menjadi keutamaan dalam melakukan peresepan secara daring. Tidak terkecuali dalam menanyakan usia setiap mau meresepkan. Penting bagi TS untuk memperhatikan usia demi menimbang pilihan obat maupun dosis yang relevan.

    Perlu TS medical advisor ketahui, bahwa terdapat pembatasan usia minimum dalam peresepan secara daring, yakni usia 3 bulan. Apabila dijumpai usia di bawah 3 bulan, maka hendaknya dokter hindari pemberian resep ini dan selalu rujuk untuk melakukan pemeriksaan langsung. Kondisi pasien dengan usia tersebut perlu dianggap sebagai high-risk, sehingga dalam hal ini, dokter dapat memberikan edukasi non-medikamentosa yang dapat dilakukan sementara dan memberikan rujukan yang sesuai dengan kondisi pasien. 

    Terdapat pula batasan usia jika dokter menyarankan obat berlabel hijau tanpa penggunaan resep (dalam chat), yaitu pada usia 2 tahun. Di bawah usia tersebut, maka dokter dapat memberikan saran medikamentosa menggunakan fitur peresepan. Apabila TS medical advisor ingin memberikan masukan atau bertanya terkait topik di atas, mari kita diskusikan dalam thread ini ya dok.

04 Desember 2020, 18:26

Alo dr. Reynaldi, izin menanggapi ya dok, saya juga setuju dengan adanya batasan usia minimum dalam peresepan secara daring ini, mengingat untuk bayi usia kurang dari 3 bulan dengan keluhan termasuk dalam kondisi high risk patient, mengingat sistem imun yang terbentuk juga belum maksimal dan meminimalisir risiko efek samping obat, karena untuk pemberian parasetamol pada usia bayi kurang dari 3 bulan  pun diperlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sehingga lebih baik kita menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Terima kasih Dok.

07 Desember 2020, 17:40
Betul dok, pertimbangan juga didasarkan pada hal yang dr. Rose ungkapkan.
13 Desember 2020, 13:43
Alo, dr. Reynaldi.Setuju bila terdapat beberapa batasan kondisi pasien yang dapat diresepkan secara online. Batasan usia ini juga penting, sehingga apabila nanti menemukan pasien bayi di bawah 3 bulan, kita akan lebih memikirkan kondisi high-risk dan menggunalan fitur rekomendasi rujukan. Informasi ini juga turut menjawab pertanyaan sejawat Interactive Medical Advisor bila terdapat user yang menanyakan kondisi anaknya atau user di bawah 17 tahun yg bertanya lewat aplikasi Chat bersama Dokter, masih bisa dinerikan tatalaksana obat sesuai dengan kondisi medis nya. Turut menyimak pendapat TS lainnya apabila terdapat kondisi lain yang perlu perhatian khusus.