Bagaimana solusi bila mengalami kendala saat merujuk melalui SISRUTE - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamu'alaikum wr. wb.Teman Sejawat, Kawan, Kk dan Abang,Mohon penjelasan tentang SISRUTE ini, apakah sudah wajib disetiap fasilitas kesehatan?Bagaimana...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana solusi bila mengalami kendala saat merujuk melalui SISRUTE

    Dibalas 14 Agustus 2020, 08:31
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Assalamu'alaikum wr. wb.

    Teman Sejawat, Kawan, Kk dan Abang,

    Mohon penjelasan tentang SISRUTE ini, apakah sudah wajib disetiap fasilitas kesehatan?

    Bagaimana solusi terbaik mengingat ada kemungkinan besar terjadinya kendala dalam pelaksanaannya, baik jaringan, balasan yg lama dari RS penerima sementara pasien harus segera dirujuk?

    Jika kemudian pihak keluarga pasien menuntut karena lamanya proses rujukan pasien, apakah ada dasar hukum yg bisa membela kita?

    .

    Mohon penjelasannya, terima kasih banyak

11 Agustus 2020, 08:42

Alo dokter,

Sebagai dokter Indonesia saya harus optimis dengan Sisrute Nasional. Sisrute bertujuan untuk membangun sistem informasi rujukan yang terintegrasi antara fasyankes untuk pelayanan publik yang lebih baik. Pasti ada kendala saat awal penerapan, tetapi pasti akan teratasi.

13 Agustus 2020, 13:26

Alo Dok,

Idealnya setiap faskes memiliki SOP sisrute tapi balik lagi ke kebijakan pimpinan faskes tsb ya dok. Idealnya, memang faskes pengirim menginformasikan pada RS penerima dan pasien baru dikirim jika RS sudah siap menerima. Namun, terkadang hotline RS sibuk dan pasien butuh penanganan cepat, jadi saya kirim ke RS terdekat saja dok dgn terlebih dahulu memberikan penanganan pertama. Nah, saat sudah di RS rujukan, sebenarnya secara etika dan hukum tanggung jawab dokter pengirim sufah berakhit CMIIW. Bila memang nanti ada tuntutan dari pasien, IDI memiliki layanan bantuan hukum untuk anggotanya dok melalui BHP2A IDI.

 

14 Agustus 2020, 07:42
Alo dok.

Menurut saya Sisrute dibuat justru untuk melindungi dan memudahkan bagi tenaga medis. Dengan adanya sisrute pasien yang akan dikirim dengan jarak jauh misalnya, sudah punya kepastian akan dapat tertangani sesuai kebutuhan di RS Rujukan yang menerima.
Terkait kendala jaringan atau respon yang lama, sementara pasien butuh penanganan segera. Saya rasa RS perujuk bisa langsung menghubungi melalui telepon. Intinya harus ada komunikasi antara pihak yang merujuk dan penerima rujukan. Sehingga pasien bisa tertangani dengan baik. 🙏
14 Agustus 2020, 08:31
halo, dokter. Setahu saya seharusnya setiap faskes memiliki prosedur sendiri menghadapi kendala jaringan dari sisrute. Beberapa ada berusaha menghubungi rumah sakit tujuan rujuan secara manual. Yang perlu diperhatikan adalah sebelum merujuk, pastikan kondisi pasien stabil dan rumah sakit tujuan memiliki informasi adekuat untuk menangani pasien. Sebelum kedua hal tersebut tercapai ada baiknya memonitor kondisi pasien di faskes anda untuk mencegah komplikasi atau pasien terlantar.