Atorvastatin vs Simvastatin dalam maintenance CAD - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon izin dokter untuk bertanya, untuk maintenance jangka panjang, manakah golongan statin yg lebih baik untuk memanfaatkan pleiotropic effect dari golongan...

Diskusi Dokter

16 Juli 2019, 22:24
Untuk pleiotropic effect lebih superior dengan rosuvastatin bila dibandingkan dengam atorvastatin.
Pada penelitian jean davignon dijelaskan lengkap pada link yang saya sertakan.
Kembali lagi pada penggunaan statin jangka panjang bila dilihat "benefit over risk" terbilang cukup aman, tidak ada jangka waktu maksimal, edukasi diperlukan untuk efek samping statin ke pasien, mana yang lebih diutamakan.
Salam.


efek pleiotropic statin
16 Juli 2019, 22:25
Terima kasih banyak dokter atas pencerahannya
17 Juli 2019, 14:22
Setuju sekali dokter
16 Juli 2019, 22:29
Semoga bermanfaat dok.
Penemuan terbaru selalu berkembang, tidak terbatas pada jenis statin yang ada saat ini, dan efek maupun keuntungan yang ditimbulkannya.
Mungkin ada TS yang bisa menambahkan.

17 Juli 2019, 13:41

Alodok, ijin berpendapat juga. Saya setuju juga dengan dr Anton, dari jurnal yang saya baca pemilihan atorvastatin dan simvastatin tidak begitu jelas perbedaan nya, seperti kapan harus meresepkan atorvastatin kapan simvastatin, untuk memilih mungkin bisa dipertimbangkan setiap statin memilih interaksi obat masing2, terutama ketika adanya polifarmasi. Selain itu ada juga pertimbangan berapa kadar LDL yang akan diturunkan, seperti atorvastatin menurunkan LDL lebih banyak daripada simvastatin. Dari segi cost, harga atorvastatin dibanding simvastatin juga lebih mahal. 

 

 

Berikut jurnal yang mungkin bisa menjadi bahan bacaan:

 
17 Juli 2019, 14:06
dr.Andreas Jonathan, Sp.PD
dr.Andreas Jonathan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Izin melampirkan bagan terapi statin berdasarkan acc/aha guideline 2013 (mungkn dokter ada sumber yg lebih baru?). Disini ada beberapa keadaan yang mengharuskan dokter meresepkan high intensity ataupun moderate intensity statin. Adapun high intensity statin adalah atorvastatin 40-80mg dan rosuvastatin 20-40mg. Semoga membantu. Salam