Asupan nutrisi yang perlu dianjurkan pada Bumil yang ingin berpuasa - Obgyn Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanya Dokter, Di aplikasi seringkali kita mendapatkan pasien yang menanyakan keamanan berpuasa, gak jarang mereka juga sangat ingin berpuasa. Nah,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Asupan nutrisi yang perlu dianjurkan pada Bumil yang ingin berpuasa - Obgyn Ask the Expert

    23 April 2021, 15:13
    dr. Abi Noya
    dr. Abi Noya
    Dokter Umum

    Izin bertanya Dokter,

     

    Di aplikasi seringkali kita mendapatkan pasien yang menanyakan keamanan berpuasa, gak jarang mereka juga sangat ingin berpuasa. 


    Nah, bagi pasien hamil yang bersikeras untuk tetap berpuasa kira-kira adakah anjuran nutrisi yang penting atau tips & trik mengenai pola makan selama berpuasa untuk ditekankan sebagai bagian dari pesan edukasi pada pasien. Mengingat adanya keluhan-keluhan kehamilan yang membuat mereka sulit memenuhi asupan nutrisi dengan baik, seperti mual.

     

     

    Atas advisnya, terima kasih, Dokter.  

23 April 2021, 18:36
dr. Adhitya Indrapraja
dr. Adhitya Indrapraja
Dokter Spesialis Kandungan

Alo dr. Abi Noya...

Selain kondisi kesehatan ibu dan janin yang harus sehat, kecukupan nutrisi dan gizi seimbang juga harus mjd syarat yg hrs dipenuhi oleh ibu hamil jika ingin berpuasa .beberapa pakar nutrisi menyebutkan bahwa puasa tidak berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin krn selama puasa kebutuhan gizi dan nutrisi dpt tetap terpenuhi. Jadi , selama puasa bukan berarti kita kehlangan nutrisi sama sekali namunhanya jamnya saja yg berubah dlm hal ini jam makan yg berubah. Ibu hamil normal yg berpuasa selama kurang dr 15 jam secara metabolik tidak berbeda dengan keadaan selama puasa  fisiologis dan tidur malam hari . Prinsip yg terpenting adalah nutrisi yg seimbang dan cairan yg cukup ( minimal 2 lt  air diantara buka dan sahur ). Adaapun komposisi gizi seimbang mencakup 50 % Karbohidrat , 30% protein dan 10 - 20% lemak.  

Berikut ini adalah anjuran beberapa pola makan yg sebaiknay dikuti oleh ibu hamil yang menjalani puasa , yaitu : 

- diet tinggi serat , sayuran , buah , protein ( ikan , kacang 2 an , dll )

- Hindari garam dan gula berlebihan , juga cafein 

- minum air , susu dan jus buah sebelum imsak 

- sebelum tidur malam , konsumsi snack , air atau jus ,protein (susu) dan buah 

- disarankan minum air putih yg banyak saat buka puasa , sahur dan waktu diantaranya untuk mengganti cairan saat berpuasa disiang hari.

semoga bermanfaat....