Efek konsumsi asam folat terhadap kualitas sperma dan sel telur saat program hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, ijin bertanya dok apakah jika pasutri yg sengaja tidak berhubungan badan selama mengonsumsi asam folat akan memilik efek terhadap sperma dan sel...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efek konsumsi asam folat terhadap kualitas sperma dan sel telur saat program hamil

    16 Desember 2022, 15:28
    dr.Kha
    dr.Kha
    Dokter Umum

    Alo dokter, ijin bertanya dok apakah jika pasutri yg sengaja tidak berhubungan badan selama mengonsumsi asam folat akan memilik efek terhadap sperma dan sel telur yg bagus untuk program hamil?

    Jika tidak, ada saran atau masukan untuk tips promil terbaik yang seharusnya dilakukan.

    Terimakasih dok 🙏

19 Desember 2022, 08:40

ALO dokter, saya belum mengetahui terkait studi tentang puasa berhubungan akan meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Semoga ada SpOG yang menjawab ya, penasaran ^^

Sementara, edukasi promil bagi pasutri dengan infertilitas idiopatik di antaranya menjaga asupan gizi seimbang dan olahraga rutin untuk mencapai indeks massa tubuh ideal, menghentikan kebiasaan merokok dan paparan terhadap bahan toksik lainnya, serta membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Referensi: https://www.alomedika.com/penyakit/obstetrik-dan-ginekologi/infertilitas-wanita/edukasi-dan-promosi-kesehatan 

https://www.alomedika.com/penyakit/andrologi/infertilitas-pria/edukasi-dan-promosi-kesehatan

21 Desember 2022, 15:30
dr.Kha
dr.Kha
Dokter Umum
Terimakasih dok 🙏
20 Desember 2022, 00:55

Selamat malam Dok, sejalan dengan yang disampaikan oleh dr. Hudiyati, saya juga belum menemukan jurnal tentang efek puasa berhubungan seksual pada pasangan yang rutin mengonsumsi suplemen asam folat dengan peningkatan kualitas sperma atau sel telur. 

Namun, konsumsi asam folat sendiri memang sudah direkomendasikan sebagai bagian dari program hamil, yang tujuannya untuk mempersiapkan ibu dan kehamilan, serta mencegah cacat tabung saraf. 

Perihal diet dan pola hidup memang berhubungan dengan kesuburan. Beberapa hal yang bisa menurunkan kesuburan pada pria diantaranya kebiasaan merokok, menghisap ganja, penggunaan steroid anabolik, konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, hingga pola makan tidak sehat, meliputi diet tinggi kalori, konsumsi makanan yang tinggi lemak atau tinggi index gliemik yang bisa memicu obesitas. 

Nah, jika memang ingin merencanakan promil, mungkin selain mengonsumsi asam folat secara rutin, penerapan pola hidup sehat, juga perlu dilakukan hubungan seksual teratur. Jika setelah 1 tahun tidak kunjung terjadi kehamilan padahal tidak ada penggunaan alat kontrasepsi baik hormonal maupun non hormonal, mungkin perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mengetahui faktor pemicu atau kondisi yang menyebabkan sulit hamil.

Berikut beberapa source yang mungkin bisa menjadi bahan bacaan kita bersama.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6480978/

https://www.acog.org/womens-health/faqs/good-health-before-pregnancy-prepregnancy-care

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7291266/

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW. 

21 Desember 2022, 15:31
dr.Kha
dr.Kha
Dokter Umum
Terimakasih dok 🙏