Artikel Alomedika - Rekurensi COVID-19 dengan Hasil Pemeriksaan PCR Kembali Positif - Diskusi Dokter

general_alomedika

   Alo Dokter!Beberapa studi mengungkapkan terjadi rekurensi pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh dengan hasil RT-PCR negatif 2x dan diperbolehkan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Artikel Alomedika - Rekurensi COVID-19 dengan Hasil Pemeriksaan PCR Kembali Positif

    05 Agustus 2020, 12:24

     

     

     

    Alo Dokter!

    Beberapa studi mengungkapkan terjadi rekurensi pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh dengan hasil RT-PCR negatif 2x dan diperbolehkan pulang dari perawatan. Di mana pasien kembali memberikan hasil RT-PCR positif RNA SARS-COV-2 pada 14 hari setelah kembali ke komunitas. Fenomena ini menjadi tantangan yang serius bagi dokter untuk menentukan kriteria pasien pulang, mengingat risiko penyebaran penyakit

    Apakah studi telah memberikan bukti yang signifikan mengenai faktor risiko rekurensi COVID-19 dengan hasil pemeriksaan RNA SARS-COV-2 kembali positif? Baca selengkapnya di artikel Alomedika ini:

    https://www.alomedika.com/rekurensi-covid-19-dengan-hasil-pemeriksaan-pcr-kembali-positif

     

    Jadi Dokter Andal dalam Genggaman! Salam Alomedika!

     

     

     

     

05 Agustus 2020, 12:37

Alo, Dok.

Izin ikut berdiskusi ya. Benar sekali hal yang disampaikan di artikel. Hasil tes RT-PCR yang kembali positif selain menjadi masalah bagi dokter, juga bisa sangat membebani pasien baik secara mental maupun secara finansial, mengingat bila hasil positif, dokter tentu menyarankan serangkaian pemeriksaan ulang seperti CT scan toraks pada pasien.

Mungkin saat ini masih sulit untuk memastikan faktor risiko yang menyebabkan rekurensi ini, mengingat data ilmiah yang ada masih terbatas. Studi lebih lanjut sepertinya masih diperlukan.