Artikel Alomedika - Pengaruh Mutasi SARS-CoV-2 Terhadap Manajemen COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Hingga saat ini, di seluruh dunia masih melakukan berbagai penelitian untuk memahami virus COVID-19. Pemahaman terhadap virus COVID-19 diperlukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Artikel Alomedika - Pengaruh Mutasi SARS-CoV-2 Terhadap Manajemen COVID-19

    20 Oktober 2020, 09:29

    Alo Dokter!

    Hingga saat ini, di seluruh dunia masih melakukan berbagai penelitian untuk memahami virus COVID-19. Pemahaman terhadap virus COVID-19 diperlukan untuk pengembangan terapi dan vaksin terhadap SARS-CoV-2. 

    SARS-CoV-2 merupakan virus RNA yang diketahui memiliki laju mutasi yang tinggi bila dibandingkan dengan virus DNA. Mutasi SARS-CoV-2 dapat menyebabkan variasi virus yang berbeda di berbagai belahan dunia dalam hal patogenesis dan virulensi COVID-19. 

    Sebuah review oleh Abdullahi meneliti berbagai studi mengenai mutasi SARS-CoV-2 ini. Penelitian ini menemukan berbagai mutasi SARS-CoV-2 yang berbeda di seluruh dunia. Mutasi berbeda pada glikoprotein S SARS-CoV-2, diantaranya memiliki single nucleotide variants (SNVs) yang berbeda.. Di Italia ditemukan mutasi pada non-structural proteins (NSPs)  yaitu NSP2 dan NSP# yang mempengaruhi perbedaan virulensi dan patogenesis. Di Amerika dan Nigeria ditemukan mutasi pada D614G pada protein S, letak mutasi ini diduga meningkatkan transmisi dan evasion pada sistem imun. 

    Bagaimana pengaruh mutasi ini terhadap pengembangan terapi dan pengembangan vaksin? Mutasi apa saja yang ditemukan selain penelitian Abdullahi? 

     

    Yuk, klik link ini untuk membaca lebih lanjut.

    https://www.alomedika.com/pengaruh-mutasi-sarscov2-terhadap-manajemen-covid-19

    Jadi Dokter Andal Dalam Genggaman. Salam Alomedika

20 Oktober 2020, 15:24
Terima kasih, Dok. Jadi mutasi SARS-CoV-2 selain bisa mengganggu pengembangan terapi medikamentosa dan vaksin, ternyata bisa menjadi masalah untuk proses penegakkan diagnosis dengan RT-qPCR juga ya. Info yang bermanfaat 👍
20 Oktober 2020, 17:06
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Terima ksih infonya dok..bermanfaat sekali