Artikel Alomedika - Bukti Ilmiah Physical Distancing pada Pandemi COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter!Sampai saat ini, penelitian terkait mekanisme dan jarak transmisi COVID-19 masih terus berkembang, termasuk studi yang mengkaji jarak minimal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Artikel Alomedika - Bukti Ilmiah Physical Distancing pada Pandemi COVID-19

    20 Oktober 2020, 14:09

    ALO, Dokter!

    Sampai saat ini, penelitian terkait mekanisme dan jarak transmisi COVID-19 masih terus berkembang, termasuk studi yang mengkaji jarak minimal antarindividu yang efektif untuk mencegah transmisi COVID-19.

    Ukuran droplet dan gaya gravitasi sebelumnya dianggap paling berpengaruh dalam menentukan jarak transmisi suatu virus atau patogen. Pada konteks ini, physical distancing 1–2 meter dinilai efektif untuk menghindari paparan virus.

    Namun, bukti ilmiah terbaru mengemukakan bahwa jarak transmisi virus juga diperngaruhi oleh faktor lingkungan dan individu, yaitu awan gas turbulen dan gaya ekspirasi yang lebih kuat, seperti batuk, bernyanyi, dan berteriak. Sehingga, peneliti berpendapat bahwa rekomendasi physical distancing 1–2 meter perlu ditinjau kembali, mengingat kebanyakan studi terbaru menunjukkan droplet dapat menempuh jarak lebih dari 2 meter dan masih terdapat risiko infeksi pada kisaran jarak tersebut.

    Bagaimana kontroversi mengenai physical distancing berdasarkan bukti ilmiah yang ada? Simak lebih lengkap dalam artikel Alomedika berikut ini:

    https://www.alomedika.com/bukti-ilmiah-physical-distancing-pada-pandemi-covid19

    Jadi Dokter Andal dalam Genggaman! Salam Alomedika!

20 Oktober 2020, 14:20

Terima kasih dr. Ciho atas sharingnya

Sehingga untuk makan bersama di luar rumah (ex:restoran)  juga harus sangat berhati hati ya dok berarti saat ini, terutama saat makan bersama dengan orang yang tidak satu rumah. Memang sangat penting untuk physical distancing yang disertai dengan penggunaan masker, pengurangan aktivitas di luar rumah, pembatasan waktu kontak antar individu.
Sangat bermanfaat dok sharingnya :) 

22 Oktober 2020, 13:29

Bermanfaat dok Ciho, agar bisa menjelaskan dan mengedukasi masyarakat sekitar kita..

Terimakasih