Amankah pijat pada area punggung - Rehabilitasi Medis Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dr. dr. Vitriani Biben, Sp.KFR(K), izin bertanya dokter.Amankah melakukan pemijatan pada area punggung, misalnya seperti menekan bagian tulang belakang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Amankah pijat pada area punggung - Rehabilitasi Medis Ask the Expert

    21 Oktober 2021, 10:16

    Alo Dr. dr. Vitriani Biben, Sp.KFR(K), izin bertanya dokter.

    Amankah melakukan pemijatan pada area punggung, misalnya seperti menekan bagian tulang belakang dengan kedua tangan dan nanti akan ada suara berbunyi seperti yang dilakukan ahli chriopractic?

    Terimakasih sebelum nya dokter 🙏.

21 Oktober 2021, 10:56
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Selamat pagi dok. Pada dasarnya berhati-hatilah bila melakukan suatu tindakan atau manipulasi di area tulang belakang. Seperti diketahui bahwa dalam tulang belakang terdapat medulla spinalis dengan fungsinya yang vital dalam mengontrol fungsi motorik, sensorik dan otonomik. Jadi pijat dan menekan bagian punggung diperbolehkan selama diyakinkan bahwa struktur tulang belakang stabil, tidak ada nyeri yang melibatkan penekanan struktur tulang belakang ke syaraf dan aman bila dilakukan pada otot-otot di sekitar tulang belakangnya. Seorang yang melakukan manipulasi pada tulang belakang haruslah tersertifikasi dan mempunyai kompetensi, karena risiko yang ditimbulkan bila salah dalam melakukan asesmen dan tindakan adalah cukup berat. Jadi bila memang akan dilakukan manipulasi pastikan terlebih dahulu struktur penunjang baik, tenaga yang melakukannya berkompeten dan pasien terinformasi dengan segala risiko yang mungkin mengikuti sebagai dampak manipulasi. Demikian, mudah-mudahan dapat menjelaskan.

21 Oktober 2021, 11:06
Terimakasih  banyak dokter  atas  informasinya  🙏