bolehkan diberikan air putih untuk minum obat pada bayi di bawah 6 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

bayi di bawah 6 bulan sebaiknya tidak diberi air putih, bagaimana bila bayi tersebut minum obat yang serbuk. apakah aman di tambah sedikit air putih atau...

Diskusi Dokter

  • bolehkan diberikan air putih untuk minum obat pada bayi di bawah 6 bulan

  • bayi di bawah 6 bulan sebaiknya tidak diberi air putih, bagaimana bila bayi tersebut minum obat yang serbuk. apakah aman di tambah sedikit air putih atau tambah asi?

    mengingat minum obat sebaiknya pakai air putih

    pertanyaan dari user dok

    ada yang bisa bantu dok?

    bantu jawab sedikit dok,
    kalau untuk meminum obat serbuk tidak masalah ya dok diberikan air putih untuk membantu meminum obat, kalau dari artikel ini ( http://www.alodokter.com/inilah-bahayanya-bila-bayi-diberikan-air-putih ) sebaiknya diberikan air yang sudah dimasak matang kemudian didinginkan dan tidak disarankan konsumsi air dari kemasan, semoga membantu dok. cmiiw
    Selamat sore, dr. Murni
    berdasarkan informasi mengenai ASI eksklusif yg saya ketahui, memang bayi di bawah usia 6 bulan hanya boleh diberikan ASI. Sementara utk obat2an dan suplemen jg diperbolehkan.

    Utk pemberian air putih, air gula, maupun jus buah tidak diperkenankan karena meningkatkan risiko kontaminasi.

    Namun, pada Rekomendasi IDAI mengenai ASI eksklusif terdapat poin yg menerangkan bahwa air putih bisa diberikan apabila sesuai indikasi medis, Dok (pada poin 5). Jadi, menurut sy pribadi kalau memang dalam pemberian obat harus menggunakan air putih, maka tdk menjadi masalah, tetapi kemudian kembali diedukasikan kepada Ibu pasien hanya utk pemberian obat.


    Semoga cukup membantu ya Dok.