Keluar seperti daging dan nyeri di pinggir kuku kaki dengan riwayat paronikia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, dr Fresa Sp.KK, saya kemarin dapat pasien di puskesmas, wanita 25th, sudah mengalami keluhan seperti di gambar sejak 3bulan yang lalu, riwayat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keluar seperti daging dan nyeri di pinggir kuku kaki dengan riwayat paronikia

    06 Desember 2021, 13:39
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, dr Fresa Sp.KK, saya kemarin dapat pasien di puskesmas, wanita 25th, sudah mengalami keluhan seperti di gambar sejak 3bulan yang lalu, riwayat sebelumnya menggunting kuku kaki kemudian dikatakan timbul seperti daging keluar, sebelumnya keluhan dirasakan hanya satu yg sebelah kiri lalu sempat sembuh tetapi timbul lagi dan ditambah bagian sebelah kanan muncul, nyeri ketika dipegang, riwayat pengobatan sebelumnya berobat ke mantri dikatakan memakai salep. Mohon advice selanjutnya dokter, terima kasih dok 🙏🏻

07 Desember 2021, 07:06

ALO Dokter, melihat gambaran lesi, sepertinya telah mengalami selulitis. Sebaiknya diberikan antibiotik dan antiinflamasi sistemik. Untuk tindakan mungkin dapat dikonsultasikan ke spesialis bedah setelah inflamasi tidak akut. CMIIW..

Referensi:

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/selulitis

https://www.alomedika.com/tindakan-medis/bedah-minor/ekstraksi-kuku

Oya, Dok, untuk jadwal ask the expert spesialis kulit akan kami jadwalkan kembali. Nantikan pengumumannya ya^^

Terimakasih

07 Desember 2021, 08:52
Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya. dari kasus paronikia diatas sudah termasuk paronikian kronis karena sudah berlangsung lebih dari 6 minggu.
Untuk penanganan bisa dilakukan kompres dengan normal saline atau larutan povidon iodin minimal 2-3× sehari, diikuti pemberian antibiotik topikal. jika dicurigai ada abses bisa dilakukan drainase di fasilitas kesehatan.
kemudian bisa diberikan antibiotik sistemik , antibiotik pilihan untuk paronikia dengan peranan antibodi  anti epidermal growth factor adalah doksisiklin.Suplementasi dengan zink 20mg setiap hari berguna untuk membantu pertumbuhan lempeng kuku agar normal kembali.
semoga bisa membantu ya dok🙏🙏
07 Desember 2021, 09:25

terimakasih dr. Fresa