Tips puasa yang aman untuk penderita hepatitis B - Gastroenterologi-Hepatologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Muhammad Miftahussurur, Sp.PD-KGEHizin bertanya, Dok, apakah ada tips atau edukasi khusus yamg bisa kita berikan untuk penderita Hepatitis B (dalam...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tips puasa yang aman untuk penderita hepatitis B - Gastroenterologi-Hepatologi Ask the Expert

    14 April 2021, 13:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Muhammad Miftahussurur, Sp.PD-KGEH

    izin bertanya, Dok, apakah ada tips atau edukasi khusus yamg bisa kita berikan untuk penderita Hepatitis B (dalam fase akut dengan keluhan GI ringan dan jaundice) yang menjalankan puasa? Apakah ada red flags atau batasan klinis tertentu dimana kita bisa mengedukasi pasien untuk menghentikan puasanya apabila memang diperlukan ? Terima kasih.

14 April 2021, 14:08

Terima kasih atas pertanyaannya.

Puasa akan memperlambat aliran empedu (memungkinkan lebih banyak waktu untuk hidrolisis) dan akan menurunkan sekresi garam empedu. Beberapa kasus telah dilaporkan terkait munculnya hiperbilirubinemia yang diinduksi oleh puasa. sehingga pada pasien dengan kondisi ikterus terutama oleh kondisi akut maka sebaiknya tidak berpuasa, apalagi jika diikuti oleh peningkatan AST dan ALT. Dokter dapat melakukan pemeriksaan bilirubin D/T pada pasien beberapa kali selama bulan puasa dan cek selama bulan puasa dan dapat menganjurkan untuk memberhentikan puasa jika terjadi peningkatan bilirubin dibandingkan sebelum puasa.