Operasi kanker otak yang diminta untuk ditunda selama masa pandemi COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya, ada user wanita 17 tahun yg sudah didiagnosa kanker otak (user tidak tahu stadium berapa) sejak Desember 2019 dan sebelumnya telah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Operasi kanker otak yang diminta untuk ditunda selama masa pandemi COVID-19

    06 Mei 2020, 08:03

    Alo Dokter, izin bertanya, ada user wanita 17 tahun yg sudah didiagnosa kanker otak (user tidak tahu stadium berapa) sejak Desember 2019 dan sebelumnya telah disarankan untuk operasi, namun saat kontrol kembali menurut User dokter kemungkinan akan menunda operasi sampai pandemi berakhir.


    Pada pasien sudah mulai terdapat blurry vision pada mata kanannya, kadang terdapat sesak napas tapi tidak ada nyeri dada, kadang kadang terjadi kelemahan pada kaki yg hilang timbul.


    Pertanyaannya, apakah benar pada kasus ini operasi bisa ditunda?


    Terimakasih sebelumnya πŸ™

06 Mei 2020, 14:40

Alo dokter,

Sepertinya menunda operasi karena pandemi adalah kebijakan RS dan dokternya. Sebaiknya mencari RS lain yang memisahkan area pasien non-covid dan covid. Saya juga kurang mengerti yang ini, CMIIW

06 Mei 2020, 14:44
Iya Dok, bisa jadi seperti itu ya Dok. Terimakasih dr.Hudi πŸ™
06 Mei 2020, 14:49
Alo dokter izin ikut berdiskusi,
Tentunya setiap tindakan memiliki pertimbangan masing masing ya dok. Dan bila dalam waktu menunggu jadwal operasi timbul keluhan baru tentunya hal ini dapat dikomunikasikan kembali dengan dokter yang merawat sehingga menjadi pertimbangan waktu operasi dari pasien.

Untuk kanker otak sendiri tujuan operasinya selain removal dapat juga untuk diagnostik sehingga perlu dikonfirmasi dulu tujuan operasi yang direncanakan sebelumnya. Sehingga edukasi yang terpenting kepada pasien apabila timbul gejala baru tetap harus mengkomunikasikan dengan dokter yang merawat dok.

Berikut sumber yang bisa membantu dok:

https://www.webmd.com/cancer/brain-cancer/brain-cancer-treatment

06 Mei 2020, 22:42
Alo, selamat malam Dok.

Tindakan CITO pada kasus tumor otak umumnya diindikasikan pada keadaan di mana didapatkan adanya defisit neurologis yang memberat dengan sangat cepat (akut); sehingga mengancam jiwa atau menyebabkan perburukan fungsi vital yang berat; misal penurunan kesadaran atau penurunan fungsi motorik dan visual.
07 Mei 2020, 12:32
Terimakasih dokter Rara
07 Mei 2020, 12:32
Alo, selamat malam Dok.

Tindakan CITO pada kasus tumor otak umumnya diindikasikan pada keadaan di mana didapatkan adanya defisit neurologis yang memberat dengan sangat cepat (akut); sehingga mengancam jiwa atau menyebabkan perburukan fungsi vital yang berat; misal penurunan kesadaran atau penurunan fungsi motorik dan visual.
Terimakasih Dokter, sangat bermanfaat infonya πŸ™
07 Mei 2020, 21:37
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alodokter!

 

Operasi tumor otak dapat bersifat elektif, dapat pula bersifat segera/cito.

Operasi elektif dapat ditunda, tetapi operasi cito harus tetap segera dilakukan.

 

Pada kasus tumor otak, operasi cito diindikasikan pada kondisi tertentu seperti yang telah disebutkan oleh dr. Reza. Apabila pasien ini mengalami keluhan baru atau keluhan yang memberat selama menunggu jadwal operasi elektif, sebaiknya pasien segera mengkonsultasikan kembali ke dokter yang merawat agar dokter tersebut dapat melakukan pemeriksaan ulang serta menentukan jenis operasi yang akan dilakukan, apakah tetap bersifat elektif atau berubah statusnya menjadi operasi segera.

 

Menurut saya pada kasus-kasus seperti ini, apalagi dimasa pandemi, komunikasi antara dokter-pasien menjadi sangat penting agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

 

Terima kasih

Salam. 

08 Mei 2020, 14:00
Baik Dokter, terimakasih untuk infonya.