Tindakan kasus Efusi pleura apakah harus menunggu hasil pcr - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanya dok, ada kasus efusi pleura, dg ku sesak nafas, tidak ada demam, px perokok aktif, komorbid tdk diketahui... Sdh dirapid antigen hasilnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tindakan kasus Efusi pleura apakah harus menunggu hasil pcr

    18 Januari 2021, 11:38
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Izin bertanya dok, ada kasus efusi pleura, dg ku sesak nafas, tidak ada demam, px perokok aktif, komorbid tdk diketahui... Sdh dirapid antigen hasilnya negatif, apakah px ini indikasi pcr?? Dan tindakan utk mengurangi keluhan sesaknya bisakah dilakukan tanpa menunggu hasil pcr?? Tindakannya apa saja ya dok?? Terima kasih sblmnya

18 Januari 2021, 14:46

ALO, Dokter!

Efusi pleura tampaknya merupakan gejala yang jarang ditemukan pada COVID-19.

https://journal.chestnet.org/article/S0012-3692(20)34393-2/fulltext

Apakah ada gejala lain seperti batuk dan anosmia, Dok? Apakah ada riwayat kontak dengan pasien suspek/terkonfirmasi COVID-19 sebelumnya?

Mengingat pasien adalah perokok, maka patologi paru perlu dipertimbangkan, terutama yang menilai keganasan. Misalnya, sampel cairan pleura untuk pemeriksaan sitologi dan kultur, TB, dan pneumonia bakterial. CT scan juga dapat dilakukan untuk menunjang diagnosis.

Merokok juga merupakan risiko congestive cardiac failure (CCF) dan efusi pleura. Jadi, ini harus dipertimbangkan berdasarkan riwayat lebih lanjut.