Bagaimana cara membedakan terlambat haid pada pasien dengan haid tidak teratur - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya.Bagaimana menentukan hari pertama haid pada wanita dengan siklus haid tidak teratur dok? Misalnya hari 1-3 hanya keluar flek,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana cara membedakan terlambat haid pada pasien dengan haid tidak teratur

    28 Mei 2020, 14:44

    Alo Dokter, izin bertanya.

    Bagaimana menentukan hari pertama haid pada wanita dengan siklus haid tidak teratur dok? Misalnya hari 1-3 hanya keluar flek, selanjutnya hari ke 4-11 keluar darah haid yang banyak. Apakah hari 1 saat keluar flek sudah dianggap sebagai hari pertama haid? Lalu kapan dikatakan terlambat haid pada pasien dengan haid seperti ini? Apakah tetap dari hitungan hari ke 36 sejak hari pertama keluar flek?

28 Mei 2020, 15:59

Alo dokter,

Menentukan terlambat haid harus berdasarkan waktu ovulasi. Memprediksi ovulasi pada wanita dengan siklus menstruasi yang ireguler memang sulit dilakukan.

Di artikel  CME Alomedika: https://www.alomedika.com/memprediksi-ovulasi-pada-menstruasi-ireguler

Disebutkan USG merupakan cara terbaik dalam menentukkan waktu ovulasi, tetapi ini tidak praktis dan sebaiknya tidak dilakukan secara rutin. Cara lain adalah pengukuran hormon, metode symptothermal, dan analisis ferning saliva.

29 Mei 2020, 11:00
Alo Dok,

utk hari pertama dianggap hari keluarnya haid pertama kali dgn siklus normal 21-35 hari dok. Darah yg keluar bisa saja berhenti misalnya hari pertama flek lalu hari ketiga muncul lagi, namun selama durasiya sampai 7 hari (konsensus hiferi normalnua sampai 8 hari). Jadi bila terjadi lebih dari 8 hari dianggap abnormal dok. Saya lampirkan SSnya ya dok.