Penanganan apa saja yang dapat diberikan di puskesmas untuk kasus candidiasis vaginal - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok! Izin bertanya, jika ada pasien wanita yang datang dengan keluhan keputihan di vagina berwarna putih dan terasa gatal dan mengarah pada candidiasis,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan apa saja yang dapat diberikan di puskesmas untuk kasus candidiasis vaginal

    01 April 2021, 13:05

    Alodok! Izin bertanya, jika ada pasien wanita yang datang dengan keluhan keputihan di vagina berwarna putih dan terasa gatal dan mengarah pada candidiasis, apa saja drug of choice yang bisa diberikan? Situasi di puskesmas tidak ada nystatin intravagina, hanya Nystatin oral, ketokonazol tab dan griseofulvin tab. Terima kasih. 

01 April 2021, 14:40
Alo dr. Nadia, izin ikut berdiskusi ya Dok, untuk tatalaksana kasus keputihan sendiri perlu disesuaikan dengan etiologinya, dan perlu dinilai dari ringan beratnya kasus, jika dari hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik mengarah ke candidiasis, pemberian antifungan intravaginal seperti klotrimazol, mikonazol memang menjadi pilihan, namun pilihan lainnya dapat diberikan flukonazol oral 150 mg dosis tunggal pada kasus kandidiasis tanpa komplikasi. Selain itu penting juga memberikan edukasi untuk jaga higenitas dan gaya hidup untuk cegah kekambuhan. Mungkin ada pendapat dari TS lain? CMIIW.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2099568/
https://www.alomedika.com/penyakit/obstetrik-dan-ginekologi/leukorrhea/penatalaksanaan
01 April 2021, 15:21

Alo Dokter,

Setuju dok bisa diberikan flukonazol oral single dosis 150 mg. Sebagai tambahan info, tapi, bila yang ada nystatin ovula bisa diberikan satu kali sehari (biasanya malam hari) selama 10-14 hari.