Penanganan yang tepat untuk pasien dengan hipoglikemia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, mau bertanya pasien datang ke igd dg keadaan umum lemas gcs 15 riwayat minum glimepirid GDS 33 mg/dl, apakah tatalaksana dilapangan harus tetap...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat untuk pasien dengan hipoglikemia

    30 Desember 2020, 10:32
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, mau bertanya pasien datang ke igd dg keadaan umum lemas gcs 15 riwayat minum glimepirid GDS 33 mg/dl, apakah tatalaksana dilapangan harus tetap sesuai algoritma hipoglikemia gcs 15 dengan minum teh hangat cukup? Atau perlu injeksi D40 2 flc? Terimakasih

30 Desember 2020, 22:49
ALO,  Dokter,  menurut pedoman dari PERKENI,  membagi hipoglikemia menjadi dua yaitu derajat ringan dan berat,  pembagian ini berdasarkan kemampuan pasien dalam menerima asupan glukosa,  bila pasien masih mampu menerima asupan glukosa oral secara mandiri,  maka tergolong hipoglikemia ringan,  pada kondisi hipoglikemia ini pasien masih sadar dan mampu untuk menerima asupan glukosa secara oral.  Rekomendasi utamanya adalah dengan memberikan asupan glukosa sebanyak 15-20 g, yaitu sekitar 2-3 sendok makan gula pasir yang dilarutkan dengan air.  Selanjutnya kadar glukosa dipantau tiap 15 menit,  bila masih hipoglikemia,  terapi dapat diulang kembali
Semoga dapat membantu
31 Desember 2020, 04:05
Alo Dokter,Kalau pasien masih sadar, yg paling gampang beri minuman manis (teh atau sirup) atau makan sedikit-sedikit terutama yg mengandung karbo (hindari yg mengandung lemak). Alternatif lain bisa berikan permen atau gula pasir 2 sendok makan yg dilarutkan dlm air. Stop konsumsi obat gula dan cek KGD setelah 15 menit, kalau terjadi penurunan kesadaran boleh diberikan Injeksi dekstrose 20% atau 40% bolus, dilanjutkan dlm dekstrose bentuk larutan infus D5 atau D10%.Agar tdk berulang, anjurkan pasien utk memiliki gkukose meter dan evaluasi kembali penyebab hipoglikemia (apakah krn dosis obat terlalu besar, aktivitas pasien terlalu banyak atau asupan makanan terlalu sedikit).
31 Desember 2020, 13:00
Alo dokter , ijin ikut berdiskusi ya dok ..
Saya memiliki pandangan yang berbeda dok ..
Karena glimepiride ini long acting (24jam) , jadi hipoglikemia yang terjadi bisa berulang meskipun tidak separah atau seberat glibenclamide ..
Sepengalaman saya , pasien yang awalnya masih sadar bisa dicoba pemberian air gula , namun selanjutnya bisa turun lagi dalam beberapa jam kedepan dan bisa datang dengan kondisi yang lebih berat ..
Jadi , saya akan memberikan dekstrose intravena dan monitoring di rumah sakit untuk mencegah hipoglikemia berulangnya ..
Namun jika pasien nya well educated , bisa di KIE baik baik , boleh diberikan air gula dan rawat jalan dengan KIE mengenai tanda2 hipoglikemia dan saran segera ke UGD bila muncul tanda tersebut ..
CMIIW 🙏