Pengaturan dosis seperti apa yang tepat dalam pemberian insulin untuk kondisi hiperglikemia pada pasien stroke - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dok, izin bertanya:Pada pasien dengan stroke akut, tanpa riwayat diabetes sebelumnya, didapatkan GDS >200, pada konsensus diabetes PERKENI 2015...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pengaturan dosis seperti apa yang tepat dalam pemberian insulin untuk kondisi hiperglikemia pada pasien stroke

    29 Maret 2021, 09:48
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi dok, izin bertanya:

    Pada pasien dengan stroke akut, tanpa riwayat diabetes sebelumnya, didapatkan GDS >200, pada konsensus diabetes PERKENI 2015 dikatakan penggunaan insulin sliding scale pada penyakit kritis tidak disarankan (lebih disukai penggunaan yang menyerupai pola sekresi endogen). Lalu masih pada konsensus yang sama, target GDS pada stroke di kisaran 110-140mg/dl.

    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana pengaturan dosis insulin pada kasus stroke akut dengan hiperglikemia reaktif (jika tidak menggunakan sliding scale)?

    Terima kasih dok.

29 Maret 2021, 11:17

Alo Dokter

Menurut literatur, saat ini belum ada konsensus yang definitif tentang manajemen hiperglikemia pada pasien stroke akut, yang diperkirakan terjadi karena respons tubuh terhadap stres (stroke). Ada beberapa studi yang masih menyarankan sliding scale subkutan, tetapi ada studi yang menyarankan pemberian insulin intravena (drip) untuk kasus ini. Belum ada patokan dosis dan target yang seragam antar studi. Beberapa studi menyarankan target glukosa 140-180 mg/dL seperti konsensus PERKENI. Studi-studi tersebut menyatakan bahwa insulin intravena (drip) disarankan selama 24-48 jam pertama rawat inap untuk pasien stroke yang kritis atau menjalani terapi trombolitik. Namun, pemberian drip insulin IV ini harus disertai monitor ketat glukosa darah (untuk mencegah hipoglikemia) dan monitor elektrolit darah (terutama kalium). Bila terjadi hipoglikemia, dekstrosa harus segera diberikan. Untuk lebih detailnya mengenai manajemen hiperglikemia pada stroke akut bisa ditinjau di sumber berikut ya, Dok:

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21861124/

https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/strokeaha.107.496646

https://emedicine.medscape.com/article/1162340-overview#a9