Tata laksana keloid - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Sondang, Sp.KK(K)Izin bertanya, Dok. Tata laksana keloid yang memiliki tingkat rekurensi paling rendah yang mana ya, Dok? Apakah terapi non-bedah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tata laksana keloid - Kulit Ask the Expert

    14 Desember 2021, 10:26
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Sondang, Sp.KK(K)

    Izin bertanya, Dok. Tata laksana keloid yang memiliki tingkat rekurensi paling rendah yang mana ya, Dok? Apakah terapi non-bedah seperti injeksi kortikosteroid intralesi lebih disarankan daripada bedah karena risiko rekurensi dari bedah lebih tinggi? Terima kasih, Dok.

14 Desember 2021, 10:43

Keloid paling sering timbul di area yang banyak gerakan, seperti dada, bahu, lengan atas, dan pada wajah umumnya hanya area rahang. Bila dilakukan tindakan bedah sangat mungkin rekuren. Tindakan bedah hanya perlu dilakukan untuk debulking, mengurangi ukuran keloid yang sangat besar, tentu dilakukan dengan berbagai pertimbangan dengan harapan lesi akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya bahkan hilang. Lalu tetap harus dilanjutkan dengan penyuntikan kortikosteroid intralesi.

Kortikosteroid intralesi merupakan salah satu modalitas utama terapi keloid. Namun ada beberapa alternatif lainnya, seperti Cryosurgery, Laser, dan menempelkan Silicon sheet. Terapi2 tersebut dapat dipakai bersamaan dengan kortikosteroid intralesi dan memberikan hasil pengobatan yang lebih baik.