Tata laksana awal untuk pasien leukemia di faskes primer - Hematologi & Onkologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Alvin, Sp.PD-KHOMUntuk pasien yang dicurigai mengalami leukemia di fasilitas kesehatan primer yang agak jauh dari rumah sakit rujukan dengan dokter...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tata laksana awal untuk pasien leukemia di faskes primer - Hematologi & Onkologi Ask the Expert

    28 Juni 2022, 15:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Alvin, Sp.PD-KHOM

    Untuk pasien yang dicurigai mengalami leukemia di fasilitas kesehatan primer yang agak jauh dari rumah sakit rujukan dengan dokter spesialis, apakah ada tata laksana tertentu yang perlu diberikan terlebih dahulu sambil merujuk? Terima kasih dok.

28 Juni 2022, 16:52
dr.Alvin Tagor Harahap
dr.Alvin Tagor Harahap
Dokter Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Hematologi-Onkologi Medik

ALO, Dokter...

Pasien leukemia paling sering datang dengan keluhan lemah akibat anemia atau perdarahan akibat trombopenia, atau nyeri tulang akibat infiltrasi sel leukemia ke sumsum tulang. Dokter bisa atasi kelainan tersebut dengan transfusi sel darah yang terkait, serta anti nyeri.  Untuk penderita leukemia yang baru menjalani terapi, bisa terjadi sindroma lisis tumor (hiperkalemia, peningkatan kreatinin, hipokalsemia, hiperurikemia). Pada keadaan ini berikan tatalaksana untuk hiperkalemia. Berikan cairan yang adekuat untuk mengatasi AKI, dan allopurinol untuk hiperurikemianya. Oiya, sewaktu akan memberikan terapi, perhitungkan juga komorbid pasien (misalnya gagal jantung, dll).