Pasien laki-laki usia 32 tahun dengan Covid 19 keluhan batuk dan sesak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin berdiskusi. Laki-laki 32 th, sudah isolasi 15 hari, masih bergejala batuk dan sesak, saturasi oksigen berkisar 93-95, swab PCR positif, CT...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 32 tahun dengan Covid 19 keluhan batuk dan sesak

    06 Juli 2021, 11:23

    Alo dokter, izin berdiskusi. Laki-laki 32 th, sudah isolasi 15 hari, masih bergejala batuk dan sesak, saturasi oksigen berkisar 93-95, swab PCR positif, CT 38.

    Riwayat sebelumnya di beberapa hari pertama keluhan, saturasi sempat mencapai 85 menurut pengakuan user.

    Apakah advis terbaik yang harus diberikan ke user? Apakah masih harus isolasi mandiri sampai hilang gejala atau swab negatif?

06 Juli 2021, 12:00

Alo Dokter, 

Untuk pemeriksaan oxymetri, sebelumnya dipastikan dulu jari pasien kering (tidak berkeringat), tidak ada penghalang antara jari dengan alat (misalnya pada wanita tidak boleh pakai kuteks), kuku tidak panjang, dan diukur pada jari telunjuk atau jari tengah. Bila memang ada keluhan sesak nafas dan saturasi oksigen menurun (di bawah 96%) coba sarankan untuk melakukan proning terlebih dahulu (infografis terlampir). Jika memang masih sesak, sarankan ke IGD terdekat agar dilakukan penanganan pertama dulu mengingat kondisi RS saat ini penuh terutama di Jabodetabek. 

Jika kondisi sudah stabil bisa isolasi mandiri di rumah dan tidak perlu melakukan PCR ulang dok. Isolasi mandiri bisa diteruskan sampai 3 hari bebas gejala atau bila perlu hasil PCR sebagai syarat administratif kantor berarti menunggu sampai hasil PCR-nya negatif. 

14 Juli 2021, 21:23
Terima kasih, dr. Pika ❤️