Statin yang berisiko rhabdomyolysis rendah - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sri Ningsih, Sp.PDObat-obatan golongan statin yang sering digunakan untuk manajemen dislipidemia diketahui memiliki risiko efek samping...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Statin yang berisiko rhabdomyolysis rendah - Penyakit Dalam Ask the Expert

    09 Februari 2022, 11:46
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Sri Ningsih, Sp.PD

    Obat-obatan golongan statin yang sering digunakan untuk manajemen dislipidemia diketahui memiliki risiko efek samping rhabdomyolysis. Kira-kira statin yang paling aman diberikan untuk pasien yang mana ya, Dok? Terima kasih, Dok.

09 Februari 2022, 12:45
dr. Sri Ningsih Lubis, M. Ked (PD), Sp.PD
dr. Sri Ningsih Lubis, M. Ked (PD), Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alo dr. Anonymous..

 

Statin memang diketahui memiliki efek miopati, rhabdomyolisis serta peningkatan fungsi hati ya dok, namun tentu tidak terjadi pada semua pasien ya..

Pemilihan modalitas terapi statin harus disesuaikan pada faktor risiko PKV yang terdapat pada pasein kita ya, apakah pasien ini memerlukan low intensity statin, moderate intensity statin atau yang high intensity statin..

Dan untuk meminimalkan faktor risiko diatas, bisa diguankan obat-obatan yg tergolong low intensity statin seperti simvastatin 10 mg, pravastatin 10-20 mg, lovastatin 20 mg, fluvastatin 20-40 mg, atau bisa dipilihakn obat hipolipidemik lain diluar statin ya dok..

Terima kasih, semoga bermanfaat..

Pilihan modalitas pengobatan dislipidemi, boleh dilihat di link berikut ya dok

Demikian 

 

dislipidemia 2019.pdf