Sinusitis pada Remaja apakah ada faktor resiko tertentu - THT Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano, Sp.THT-KLIzin bertanya dokter..Pada remaja, apakah ada faktor risiko tertentu yang dapat membuat sinusitis pada remaja menjadi kronis?Karena...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sinusitis pada Remaja apakah ada faktor resiko tertentu - THT Ask the Expert

    08 Juli 2021, 12:15

    Alo dr. Rano, Sp.THT-KL

    Izin bertanya dokter..

    Pada remaja, apakah ada faktor risiko tertentu yang dapat membuat sinusitis pada remaja menjadi kronis?

    Karena pada beberapa pasien remaja seringkali ditemukan gejala sinusitis yang berlangsung lama.. sekiranya ada faktor risiko tertentu mungkin dapat menjadi acuan untuk mencegahnya.


    Btk dok

08 Juli 2021, 13:04
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter. terima kasih atas pertanyaannya.

Rhinsoinusitis Kronik (RSK) pada remaja paling serting diakibatkan karena faktor resiko Rinitis Alergi (RA) yang tidak tertangani dengan baik. Karena mahalnya biaya pemeriksaan IgE spesifik dan langkanya pemeriksaan Skin Prick Test (SPT). RA dengan obat-obatan saja tidak akan membaik jika masih terpajan alergen setiap hari dan setiap saat. karena terapi utama dari RA adalah avoidance. Jika ada faktor keturunan alergi, tentu saja ini sulit dicegah. Namun jika tidak ada, dapat berjemur secara rutin , konsumsi vitamin D serta cuci hidung / nasal saline irrigation.

Faktor resiko lainnya adalah adanya adenoid hipertrofi / persisten, dimana adenoid tidak mengalami regresi pada usia dewasa muda. Hal ini menyebabkan terjadinya RSK dan tidak membaik dengan pengobatan. 

Untuk mencegah adenoid hipertrofi / persisten, tentu saja dengan pola makan yang sehat dan bergizi sejak kecil, dan menjaga lingkungan rumah dan sekitar selalu bersih.