Konsultasi Online Menjadi Solusi bagi Pasien Self Isolation dan Takut ke RS - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter!Just sharing, Sehubungan dengan maraknya isu virus corona saat ini dan dianjurkan nya social distancing oleh pemerintah, banyak warga kita yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsultasi Online Menjadi Solusi bagi Pasien Self Isolation dan Takut ke RS

    21 Maret 2020, 21:05
    dr.Ade Martinus,SpOT
    dr.Ade Martinus,SpOT
    Dokter Spesialis Ortopedi

    Alodokter!


    Just sharing,

    Sehubungan dengan maraknya isu virus corona saat ini dan dianjurkan nya social distancing oleh pemerintah, banyak warga kita yang melakukan lockdown di rumah atau mengisolasi diri dan menghindari keramaian.

    Salah satu tempat yang sangat dihindari untuk saat ini adalah rumah sakit. Beberapa user banyak yang mengeluhkan takut untuk ke rumah sakit dan melakukan pemeriksaan. Salah satu dampak yang sangat dirasakan adalah jumlah user yang sangat bertambah, kemungkinan karena ketakutan ke rs tadi sehingga mengakibatkan konsultasi online menjadi salah satu solusi bagi mereka. Cukup terasa perubahan pasien kontrol di rumah sakit semakin berkurang sementara pertanyaan by user semakin bertambah.

    Apakah rekan rekan sekalian juga mengalami pengalaman serupa?

23 Maret 2020, 08:43

Alo Dokter, terima kasih atas sharing-nya Dok, kami dari dokter umum juga mengalami hal serupa. Akhir-akhir ini banyak sekali pertanyaan yang masuk di layanan chat bersama dokter sehingga kami pun sering meminta bantuan kerja sama dokter-dokter lainnya dalam menjawab pertanyaan yang semakin meningkat.

Setuju dengan pendapat Dokter bahwa mungkin salah satu pengaruhnya juga karena social distancing jadi peran layanan chat bersama dokter tentu turut membantu pasien dalam konsultasi keluhan dan keadaan yang dialami sebelum memutuskan untuk langsung pergi ke RS atau menemui dokter.

Mungkin di sinilah pentingnya kerja sama dan perhatian agar kami semua sejawat bisa saling bersama-sama optimal dalam memberikan edukasi dan informasi medis terutama terkait dengan kondisi pandemi yang terjadi saat ini ya Dok.

23 Maret 2020, 09:00
dr. David, Sp.B, FINACS, FICS
dr. David, Sp.B, FINACS, FICS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Justru dgn menurunnya kunjungan pasien ke rumah sakit, maka semakin menurun juga konsultasi online di Alodokter ini, karena kebanyakan di bidang bedah, kasus konsultasi online nya berupa second opinion dari kondisi pasien yg kebanyakan sedang dirawat / atau menjalani pengobatan rawat jalan ke rumah sakit.
Semoga bermanfaat! 
23 Maret 2020, 10:04
Alo TS.
Informasi yg sangat menarik. Saat wabah seperti ini, dokter akan sering menemui psien dgn diagnosa yg mengarah pd Psikosomatis, anxiety disorder, impulsif dan bhkan tdk jarang PTSD. Agar tdk terjadi overload, dokter dpt merujuk pasien ke Psikolog.
Semoga dpt membantu.