Pasien bayi usia 5 bulan dengan keluhan terdapat lubang pada langit langit mulut - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, sseorang user mengeluh adanya gambaran spt lubang pada langit mulut bayi usia 5 bulan yang baru disadari. Bayi lahir secara...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien bayi usia 5 bulan dengan keluhan terdapat lubang pada langit langit mulut

    30 April 2021, 07:00

    Alo dokter, izin bertanya, sseorang user mengeluh adanya gambaran spt lubang pada langit mulut bayi usia 5 bulan yang baru disadari. Bayi lahir secara pervaginam, cukup bulan, ditolong oleh bidan.

    Apakah ini termasuk palatoschisis ataukah hal lain? Sejauh ini bayi dapat menyusui dengan baik, namun sesekali dapat gumoh termasuk keluar susu dari hidung.

    Terimakasih sebelumnya ūüôŹ

30 April 2021, 07:36

Alo Dokter,Ini kasus alveolar cleft dok, nantinya akan mempengaruhi penampilan terutama saat senyum krn letaknya di midline dan mungkin mempengaruhi pertumbuhan gigi di dekat cleft. Yg saya baca penanganan dilakukan tindakan rekonstruksi dgn bone flap, pada usia 9-12 tahun. Mungkin TS Sp. B yg bisa menjelaskan lebih detail mengenai penangananya dok Nurul.

Ref:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5556848/

30 April 2021, 08:09
Baik dr. Pika, terimakasih banyak atas informasinya ya ☺🙏
30 April 2021, 08:49
Alo dokter, izin ikut berdiskusi ya dok.
Saya lebih cenderung ke palatoschisis dok, karena pada gambar diatas tidak tampak adanya celah pada maxilla seperti pada alveolar cleft.
Tapi tetap saja semuanya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, salah satunya odontogram untuk melihat apakah ada kecenderungan kearah alveolar cleft.
Saran saya, konsul ke Sp.B atau Sp.BP dulu.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam berpendapat 🙏
30 April 2021, 11:03
Terimakasih masukannya dr. Ariantie..
30 April 2021, 10:52
drg.Melisa Ruth, Sp.BMM
drg.Melisa Ruth, Sp.BMM
Dokter Gigi Spesialis
Alo dokter, menurut saya gambarannya juga mengarah pada palatoschisis (celah lelangit), untuk penanganannya dilakukan tindakan palatoplasty. Terima kasih
30 April 2021, 11:04
Baik dr. Melisa, terimakasih banyak untuk informasinya ☺🙏