Ruam Kulit pada pasien pasca terinfeksi COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Fresa,Saya pernah dapat pasien sudah keluar dari perawatan COVID-19. Mengeluh sejak mau pulang dari RS kulit di leher, punggung, dan lengan atas...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ruam Kulit pada pasien pasca terinfeksi COVID-19

    06 Januari 2021, 09:48
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Fresa,

    Saya pernah dapat pasien sudah keluar dari perawatan COVID-19. Mengeluh sejak mau pulang dari RS kulit di leher, punggung, dan lengan atas merah2, menimbul, seperti urtikaria, sedikit gatal. Dari dokter di RS tidak diberikan terapi apapun. Apakah perlu diberikan obat dok? topikal atau peroral? terimakasih (oya, saat itu saya hanya berikan losion kaladin, digunakan saat terasa gatal)

06 Januari 2021, 09:54
Alo dr Anon, terimakasih atas pertanyaannya.Untuk ruam kemerahan pada penderita post Covid bisa disebabkan viral eksantema, yang munculnya bervariasi, bisa baru muncul setelah gejala infeksi itu sendiri mereda. Kemungkinan lain terjadi reaksi hipersensitivitas  terhadap pengobatan yg diberikan saat perawatan.
Karena gejala yg dialami cenderung ringan hanya berupa eritema, mungkin sedikit papul serta sedikit gatal bisa diberikan terapi simptomatik berupa antihistamin oral dan steroid topikal dan dilakukan follow up 2-3 hari setelahnya untuk melihat perkembangan kondisi pasien.
Demikian dok, semoga dapat membantu🙏🏻
06 Januari 2021, 10:00
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

oh, baik dokter.. terimakasih.. akan saya ingat jika mendapat pasien serupa..