Pasien dengan ruam kecil di seluruh badan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin diskusi saya mendapatkan pasien ruam kecil kecil hampir seluruh badan +/- 2-3mm awal dari perut lalu menyebar ke leher, dada, selangkangan,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan ruam kecil di seluruh badan

    12 April 2022, 09:02

    Alo dokter izin diskusi saya mendapatkan pasien ruam kecil kecil hampir seluruh badan +/- 2-3mm awal dari perut lalu menyebar ke leher, dada, selangkangan, gatal terutama berkeringat, lesi terdapat sisik tipis, pasien prkerjs di luar sering berkeringat dan obesitad, izin dok apakah lebih mrngarsh Tinea atau ptiriasis rosea, terimakasih sebelumnya


    Izin +/- fotonya seperti dibawah saya td tidak memotonya

12 April 2022, 09:41

ALO dr Ayu,

ijin ikut berdiskusi ya Dok. 

Kalau menurut saya, bila lesi pada pasien mirip dengan foto yang diatas, sepertinya tidak mengarah ke tinea atau pitiriasis rosea, ya Dok. Karena setahu saya, kalau tinea biasanya khas ada raised border sedangkan pitiriasis rosea biasanya ada lesi primer yaitu herald patch kemudian diikuti dengan lesi sekunder yang ukurannya lebih kecil.

Kalau dari anamnesis saya masih memikirkan mungkin miliaria atau dermatitis alergi karena keringat. 

Mungkin kalau ada Dokter lain yang mempunyai pendapat lain? CMIIW.

Semoga membantu.

Untuk bacaan lanjut mengenai tinea atau pitiriasis rosea: 


https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/miliaria

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/pityriasis-rosea

 

 

12 April 2022, 10:56
Alo dokter, saya setuju dengan dr. Gabriela
Dari anamnesa pasien obes dan sering berkeringat dan predileksinya di daerah lipatan/daerah yg sering berkeringat sepertinya ya, lebih mengatah ke miliaria. 
Walaupun kejadian miliaria sering pada neonatus, miliaria pada dewasa juga sering terjadi jika aktifitas tinggi sehingga memproduksi keringat lebih banyak. 
12 April 2022, 12:41
Iya dok terimakasih untuk sementara saya kasih anti histamin apabila tidak ada perbaikan saya rujuk 🙏
12 April 2022, 11:08
Hallo dr.Ayu,
Ijin ikut berdiskusi,dari Anamnesis nya bisa di dalami lebih detail terkait adanya tidaknya riwayat alergi dalam keluarga /atopic historiy, lama nya paparan/ sensitisasi dgn zat tertentu seperti debu, detergen, air dan faktor lain sehingga muncul ruam sehingga bisa dikonklusikan apakah dermatitis kontak iritan atau Alergi.
Salam sejawat....🙏🙏
12 April 2022, 12:42
Tidak ada riwayat alergi dok sebelumnya, katanya mempunyai kebiasaan sering berkeringat ke pasar lulang2 ketiduran tidak ganti pakaian dok🙏
12 April 2022, 11:15
dr.Davin
dr.Davin
Dokter Umum
Alo dr Ayu, mari berdiskusi sepertinya perlu digali anamnesis lebih lanjut ttg riwayat onset ruam, paparan iritan atau alergen, dan riwayat pemberian obat topikal.
Pada pasien ini lesi makula eritrma dendam skuama halus bisa di dd kan dengan
1. Tinea versikolor: makula hipopigemntasi, bisa dengan skuama halus,  Pemeriksaan kerok KOH atau lampu Wood mungkin bermanfaat.
2. Ptiriasis rosea: onset 6-8 Minggu, erupsi biasanya diawali Herald patch makula eritrma yg berwarna merah salmon dengan uk5mm, seperti gambaran pohon natal. Distribusi biasanya dari bagian punggung, pinggang bisa ke ekstremitas namun jarang sampai ke wajah. Namun ada varian atipikal yg distribusi di trunkus. Px hanya dibedakan secara histopatologi. Jadi agak susah utk penegakan di layanan primer.
Sumber: Daze R P, Dorton D (August 15, 2020) An Atypical Presentation of Pityriasis Rosea Localized to the
Extremities. Cureus 12(8): e9765. DOI 10.7759/cureus.9765
3. Lesi steroid induced rosacea like dermatitis: apakah pasien ada menggunakan steroid topikal jangka lama.
4. Lesi mirip PS terindikasi obat: kaptopril, omepeazol, terbinafin, NSAID. Ditegakkan dengan sebaran sel eosinofil, tanpa temuan Herald patch
Terapi standard mungkin bisa diberikan antihistamin, emolien, dan edukasi. Apabila refrakter,mungkin bisa dikonsulkan ke dr SpDV.
Semoga bisa jadi bahan diskusi selanjutnya
12 April 2022, 12:46
Wah terimakasih banyak ilmunya dok, untuk ptiriasis vesicolor bisa dimungkinkan apabila berwarna lebih pink dibanding sekitar?
12 April 2022, 11:19
Alo Dokter, selain riwayat atopi di keluarga, sebaiknya digali pula tanda dan gejala lain seperti ada tidaknya demam dan keluhan upper respiratory utk mengeksklusi kemungkinan ruam akibat infeksi virus (viral exanthema)
12 April 2022, 12:46
Tidak ada dok, 🙏, tidak ada keluhan lain juga katanya dok🙏🙏
12 April 2022, 13:28
Izin bantu jawab diskusi dokter, mhon maaf ni kasus pda anak2 atau dewasa ya dok
Onset waktu brapa lama ya dok, apa ada kluhan penyerta demam dokter
Dan klu saya lihat dari fto bukan tinea atau pthyriasis rosea dok. Mhon maaf dokter jika salah kata2 dok
13 April 2022, 14:51
Dewasa dok, iya saya lupa foto dok kurang lebih seperti ini tapi disertai sisik yang tipis untuk sementara saya beri anti histamin terlebih dahulu 🙏