Risiko-risiko apa sajakah yang dapat ditimbulkan dari veneer gigi - Ask The Expert Gigi Prostodontia - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros Ijin bertanya Dok. Apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan veneer gigi Dok? Apa saja risiko yang bisa terjadi,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Risiko-risiko apa sajakah yang dapat ditimbulkan dari veneer gigi - Ask The Expert Gigi Prostodontia

    24 Maret 2021, 16:46
    dr. Willy
    dr. Willy
    Dokter Umum

    ALO drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros

     

    Ijin bertanya Dok. Apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan veneer gigi Dok? Apa saja risiko yang bisa terjadi, mungkin dari sisi estetikanya Dok? Karena dilakukan penambahan gigi di depan, apakah bisa berisiko gigi menjadi terlihat lebih tonggos?

     

    Terima kasih Dokter :)

24 Maret 2021, 16:58

Alo dr.Willy

    Untuk pembuatan veneer gigi ini memang butuh perencanaan yang detail agar dari sisi estetika nya bisa terlihat indah dan sesuai dengan keinginan pasien namun juga terlihat natural. Untuk itu perlu anamnesis yang cermat, evaluasi foto intraoral dan ekstraoral pasien serta cetakan gigi pasien untuk nantinya dibuatkan "mock up" ( trial bentuk veneer gigi pasien) untuk di evaluasi di awal oleh pasien dan dokter gigi sehingga hasilnya nanti secara estetika dan fungsional bisa optimal. untuk pembuatan veneer memang dilakukan penambahan lapisan di depan gigi aslinya, namun sekali lagi perlu di evaluasi di awal apakah sudah ada cukup ruangan untuk penempatan veneernya agak tidak terlihat tonggos. jika belum ada ruangan, maka biasanya dilakukan pengasahan gigi namun pada umumnya tidak banyak ( 0,5 - 0,8mm )