Review user seperti bagaimana yang terdapat pada Google Play Store terhadap aplikasi Alodokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear Alodokter, Saya mencoba melihat apa saja yang menjadi keluhan pengguna terkait aplikasi alodokter. Dalam 1 bulan terakhir (hingga tanggal 24/7/20) ada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Review user seperti bagaimana yang terdapat pada Google Play Store terhadap aplikasi Alodokter

    25 Juli 2020, 08:07
    dr. Adi Satriyo, SpKK
    dr. Adi Satriyo, SpKK
    Dokter Spesialis Kulit

    Dear Alodokter, 


    Saya mencoba melihat apa saja yang menjadi keluhan pengguna terkait aplikasi alodokter. Dalam 1 bulan terakhir (hingga tanggal 24/7/20) ada 47 pengguna yang memberikan rating bintang 1 (42 pengguna) dan bintang 2 (5 pengguna). 


    37 (78,7%) pengguna mengeluhkan mengenai layanan asuransi dan telemarketing alodokter. 10 pengguna (21,3%) mengeluhkan mengenai hal lain (aplikasi yang sering crash, masalah reservasi, tidak bisa log in, dll).


    Ketidakpuasan yang disebabkan karena telemarketing dan asuransi proteksi ini tinggi sekali yah persentasenya (hampir 80%). Konsumen mengatakan mereka tidak suka spam, khawatir data mereka dicuri, dan mengeluhkan masalah privasi terhadap data mereka.


    Terima kasih kepada manajemen yang berjanji untuk melihat dan akan mengevaluasi masalah ini lebih lanjut. Karena sayang juga hal seperti ini akan menurunkan rating aplikasi dan keengganan konsumen untuk install aplikasinya, sementara review bintang 5 aplikasi dikarenakan sebagian besar konsumen puas dengan layanan dokter di alodokter. Mungkin perlu suatu cara lain yang tidak terlalu agresif/intrusif bagi perusahaan asuransi rekanan untuk menginformasikan layanannya.


    Thx

25 Juli 2020, 08:42
Setuju sekali dok. Saya juga menyayangkan hal ini. Ada teman saya juga yang user dan menyatakan dia kuatir sekali karena user bisa membuka riwayat chat dokter dan pasien yang lain, artinya data antara dokter dan pasien menjadi tidak konfidensial. Saya sudah pernah memberikan masukan ke tim Alodok, tapi waktu itu dijawab tidak masalah karena tidak semua user menggunakan nama dan foto asli. Tidak semua memang, tapi saya yakin sebagian juga menggunakan nama dan foto asli. Melihat review di google playstore memang sangat memprihatinkan. 
25 Juli 2020, 09:01
Alo Dokter, izin bantu menjawab. Untuk privasi terkait konsultasi ini bisa diatur dok, kalau memilih untuk merahasiakan chat dan data pribadi cukup dengan tekan tanda private saat akan membuat pertanyaan. Kalau user bisa lihat chat dari user lainnya itu karena usernya yang tidak memilih settingan private saat bertanya. Selain itu gambar yang dikirim user lain akan diblur kan, jadi tidak akan terlihat juga oleh user lainnya. 
25 Juli 2020, 09:05
Seperti ini Dok, kalau sudah ceklis box ini, pertanyaan user tidak akan muncul di laman user lainnya. 
25 Juli 2020, 12:09
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Betul dok, beberapa orang yang saya kenal akhirnya uninstall aplikasi alodokter karena kesal data pribadi mereka (no telp) dishare ke third party. Mereka khawatir data medis lainnya bisa terekspose juga. Meskipun ini bukan RS atau klinik, tapi di dalamnya banyak mengandung informasi medis pasien
25 Juli 2020, 12:33
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Setuju Dr Adi Satriyo Sp.KK
25 Juli 2020, 08:58
Setuju dokter
25 Juli 2020, 12:10
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Thx doc
25 Juli 2020, 09:13
Mungkin sebaiknya diprivasikan saja segala chat yg masuk dari user. Jadi yg ditampilkan hanya review saja. Oleh karena ada beberapa user yg mungkin lupa atau tidak tahu perihal pilihan privasi itu dok atau seiring anamnesis terpaksa menjelaskan atau foto bagian keluhan yg privasi.
25 Juli 2020, 12:11
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Saya pun setuju hal ini
25 Juli 2020, 10:52
dr.Meiriani Sari MSc, SpA
dr.Meiriani Sari MSc, SpA
Dokter Spesialis Anak
Setuju untuk privatisasi chat. Krn ini tetap saja merupakan data sensitif ya🙏
25 Juli 2020, 12:11
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Setuju
25 Juli 2020, 12:56
Setuju Dokter, saya setuju untuk privasi chat, kita juga kan wajib menjaga kerahasiaan pasien, terimakasih 
25 Juli 2020, 22:00
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Betul dok
25 Juli 2020, 17:59
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
25 Juli 2020, 12:33
Setuju Dr Adi Satriyo Sp.KK
👍
25 Juli 2020, 18:30
Setuju dok, ada beberapa kerabat yg suka app ini karena penjelasan medis yg lengkap namun cenderung risih karena mendapat telepon karena program tersebut. Dan karena latarbelakang kerabat dari daerah terpencil, berkembang isu didaerah mereka bahwa aplikasi ini menyedot biaya perbulan.
25 Juli 2020, 22:02
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Iya, narasi itu bisa berkembang. Jika kita lihat di review user di playstore banyak yang beranggapan alodokter menjual data pasien ke pihak ketiga. Ini bisa menjadi bumerang bagi kita
25 Juli 2020, 19:44
Terimakasih, Dok atas sharing pengalamannya. Hal demikian juga pernah sy tanyakan kpd alodokter karena untuk pasien psikologi, bbrp dr mereka mengalami gangguan ansietas dan paranoid sehingga adanya telp dr pihak rekanan asuransi dpt menambah kecurigaan mereka dan menyebabkan kepercayaan pasien thd app menjadi menurun dan berimbas kepada menurunnya jumlah pasien yg melakukan chat dengan psikolog karena merasa chat tsb tidak aman, dpt dibaca oleh org lain dan kekhawatiran bahwa cerita mereka bisa diketahui oleh org banyak. Selain itu, kiranya dlm setiap pengambilan keputusan oleh manajemen juga memperhatikan hak pasien, kesejahteraan tenaga kesehatan dan rasio jumlah tenaga kesehatan yg dibutuhkan utk melayani pasien. Hal ini sudah saya sampaikan kpd manajemen tetapi belum diberikan tanggapan. Mohon agar menjadi perhatian bg manajemen. Tksh
25 Juli 2020, 22:04
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Tks atas sharing infonya pak rangga 🙏
03 Agustus 2020, 23:44
dr. Ratri saumi, M.Kes, SpGK
dr. Ratri saumi, M.Kes, SpGK
Dokter Spesialis Gizi
Tks infonya dok. Saya mau coba 
25 Juli 2020, 20:56
Mantap dr Adi. Ulasan yang sangat kritis👍
Dari awal saya sudah merasa kurang sesuai kode etik dokter dari azas kerahasiaan. Kalau gak salah d kode etik dokter ada dinyatakan harus menjaga kerahasiaan pasien meskipun pasien sudah meninggal. Maaf klo salah🙂

Tetapi dari sisi alodokter juga serba salah karena bagaimanapun perusahaan tetap pasti mencari profit dan sepertinya biaya konsultasi dokter masih disubsidi dari alodokter

25 Juli 2020, 22:04
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Tks dok, mudah2an ada jalan tengah yang memuaskan semua pihak
25 Juli 2020, 21:20
Yth dokter, saya setuju. Kebetulan saya amati di twitter juga demikian. Banyak user mengeluh mengenai asuransi ini dan merasa data pribadi bisa "bocor". Banyak user yang juga menanyakan hal ini melalui chat dokter, beberapa diantara nya emosi. Walau saya berkata, bahwa asuransi dan chat dokter tidak berkaitan, user tidak mau tahu karena merasa hanya lewat chat bersama bisa mengontak. Dan mungkin sekalian mengutarakan unek-unek karena merasa dirugikan. Semoga akan ada solusi untuk kedepannya.
25 Juli 2020, 22:00
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Tks dok, mudah2an ada jalan tengah yang memuaskan semua pihak
25 Juli 2020, 22:18
Saya kebetulan juga mendownload aplikasi Alodokter, dan saya mendapat telpon juga mengenai penawaran asuransi. Dalam telpon tersebut saya menilai penjelasan mengenai Aloproteksi tidak detail dan secara tiba-tiba diminta menyebutkan NIK, nomor rekening dan meminta persetujuan itu 'agak memaksa'. Semoga ke depannya komunikasi bisa diperbaiki. Jujur jika saya adalah orang awam, maka akan mengira itu jenis penipuan juga 😁
26 Juli 2020, 12:08
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Betul dok, mengagetkan. Terkesan spam yah
27 Juli 2020, 22:24
sama seperti yang saya rasakan dok, pada penjelasan asuransi tidak dikatakan bahwa adanya penarikan biaya perbulan malah hanya ditekankan akan mendapat santunan senilai 1 juta rupiah jika di rawat inap di rumah sakit, serta langsung meminta data pribadi tanpa menjelaskan adanya penarikan biaya perbulannya melalui autodebet, sebaiknya lebih dijelaskan lagi terkait asuransi ini kepada user. 
25 Juli 2020, 22:56


Llp
Lp



L
P



26 Juli 2020, 12:42
Sepakat dokkk... Semoga menjadi perhatian demi perbaikan bersama... 
26 Juli 2020, 13:09
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Thx doc
26 Juli 2020, 13:07
dr. Herman, Sp.P
dr. Herman, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Setuju sekali dok. Hard selling seperti demikian memang membuat customer menjadi tidak nyaman. Mungkin bisa lebih diperhalus lagi untuk program marketing insurance nya. Semoga hal ini menjadi perhatian serius bagi manajemen Alodokter, supaya ke depannya dapat lebih memuaskan bagi customer. 
27 Juli 2020, 13:04
dr. Adi Satriyo, SpKK
dr. Adi Satriyo, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Iya dok, mudah2an ada jalan tengah yang memuaskan untuk semua pihak
27 Juli 2020, 11:22