Resusitasi cairan pada pasien sepsis - Anestesi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Bimo SpAn.. mengapa pasien sepsis tidak lagi diberikan resusitasi cairan salin normal? (Surviving Sepsis Campaign: International Guidelines for...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Resusitasi cairan pada pasien sepsis - Anestesi Ask the Expert

    17 Oktober 2022, 12:17
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Bimo SpAn.. mengapa pasien sepsis tidak lagi diberikan resusitasi cairan salin normal? (Surviving Sepsis Campaign: International Guidelines for Management of Sepsis and Septic Shock 2021)

    Terimakasih

17 Oktober 2022, 12:24

Alo dokter, sebenarnya bukan tidak lagi diberikan dok, tetapi rekomendasinya turun jadi rekomendasi lemah. mengapa seperti itu?karena pada pasien sepsis sebenarnya tidak terjadi hipovolemia yang absolut dok, tetapi terjadi hipovolemia relatif karena terjadinya vasodilatasi karena pelepasan mediator mediator inflamasi. hal inilan yang akhirnya mendasari mengapa pada pasien sepsis apalagi pasien shock sepsis, tidak lagi diberi rekomendasi kuat untuk pemberian cairan yang agresif. selain itu juga pada jurnal jurnal yang dirujuk oleh SSC 2021, luaran pasien yang mendapat pemberian cairan dan yang tidak diberi cairan tidak berbeda signifikan. sehinggal, kembali pada patofisiologi dari sepsis tersebut, maka terapi yang pas untuk mengatasi shock sepsis adalah vasopressor yang bekerja dominan pada reseptor alpha 1 yaitu norepinephrine.

terima kasih dokter

17 Oktober 2022, 13:01
Selain NE kira2 bisa diganti apa ya dok? Di puskesmas saya sendiri hanya ada dopamin dan epinephrin
17 Oktober 2022, 13:08
Bisa dok diberikan dopamine dengan dosis 10-20mcg/kg/menit, untuk mendapat efek di alpha 1, epinephrine juga bisa dok diberikan 1-35mcg/menit.
Prinsipnya bisa diberikan obat obatan simpatominetik yang memiliki efek vasokonstriksi bila tidak ada NE. Pilihan lain juga bisa diberikan vasopressine yang bekerja di V1, V2, dan V3