Response time dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing dengan istilah dan ketentuan response time atau jeda waktu menjawab konsultasi dalam Chat Bersama...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Response time dalam Chat Bersama Dokter

    20 Agustus 2021, 17:12

    Alo Dokter!

    Bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing dengan istilah dan ketentuan response time atau jeda waktu menjawab konsultasi dalam Chat Bersama Dokter. Pada awal percakapan atau memulai percakapan, Dokter sebaiknya dapat merespons dalam 5 menit dengan anamnesis awal, kemudian ketika percakapan berlangsung, jeda waktu dalam merespons adalah tidak lebih dari 10 menit. 

    Ketentuan response time ini dibuat agar konsultasi dapat berjalan lancar sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban akurat dan respons cepat dari Dokter. Hal ini juga penting untuk diperhatikan agar percakapan dapat terkelola dengan baik hingga akhir dan tujuan dari konsultasi dapat tercapai. 

    Terdapat juga ketentuan, apabila 30 menit user tidak merespons, maka Dokter dapat memberikan info umum termasuk kemungkinan penyebab, home management, tanda bahaya serta saran ke dokter secara general terhadap kasus klinis yang diutarakan pada awal percakapan dan setelahnya dapat menutup chat.

    Jika Dokter ada kendala teknis atau sinyal yang menyebabkan waktu menjawab menjadi lebih lama, Dokter dapat melaporkan pada tim operasional yang bertugas agar dapat dibantu kendalanya.

    Bagaimana pengalaman rekan-rekan sejawat dalam hal ini, apakah ada kesulitan yang dialami dalam response timeI? Mari kita diskusikan bersama.

20 Agustus 2021, 17:27
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
ALO Dok. Yg menjadi masalah seringkali user tidak mengetahui limit waktu tsb, belum 2 menit ada jg yg demanding, udah chat: halo, halo dok, udah bilang lama respon dll, padahal misal kita sedang buat resep utk user lain yg cukup makan waktu.Sebaiknya dibuat disclaimer di awal chat, soal respon time tsb, dr 5 menit awal, 10 menit tsb dan 30 menit boleh jadi user jg tahu, dan bisa merespon sesuai aturan tsb.
22 Agustus 2021, 09:39
Saya setuju dgn dokter.. baru 1 menit user sudah protes haloooo dok.. lama banget balasnya.. dll.. 😅😅
23 Agustus 2021, 07:56

Alo dr. Fandi Triansyah Sp.PD. Terima kasih atas tanggapannya dok, baik dok memang sejauh ini belum ada disclaimer untuk user dok, namun salah satu upayanya mungkin bisa diedukasi ke user misalnya mohon maaf untuk menunggu karena juga sedang membalas pertanyaan konsultasi lainnya. Terima kasih juga atas sarannya ya dok semoga dapat menjadi concern untuk kedepannya

20 Agustus 2021, 17:43
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alodokter,
Baik dokter, terima kasih remindingnya... kalau saya mungkin yg lwt 5 menit kalau pasien sepi, jd kurang concern ke HP. Atau kadang notifikasi sering delay 3 menit bahkan 10menit juga pernah..
Mungkin selain respon chat dokter yg harus ditingkatkan, juga respon delievery obat dok..
Jika misal qt sdh cpt dan tanggap, tapi pasien jg lama mendapatkan obat, jadi berkurang secara keseluruhannya...
Terima kasih
23 Agustus 2021, 07:57

Alo dr. Rano, Sp.THT-KL. Terima kasih atas tanggapannya dan sarannya dok.. baik dok, sedang diupayakan agar lebih baik lagi kedepannya. 

20 Agustus 2021, 17:50
dr. Anastasia Venny Yustiana M.Biomed SpKJ
dr. Anastasia Venny Yustiana M.Biomed SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Alo dokter, sebaiknya user juga diberitahu ketentuan ini, banyak sekali bls kurang dr 5 menit juga di halo2 lalu dikomen chat terlalu lama balasnya, dan itu juga tdk 1x 2x ya berulang kali. Terimakasih
23 Agustus 2021, 07:59

Alo dr. Anastasia Sp.KJ. Baik dok, terima kasih atas tanggapan dan masukannya dokter.

20 Agustus 2021, 17:52
Terimakasih yah dokter buat remindnya, saya juga masih belajar untuk menjadi dokter yang edukatif dan komunikatif juga.


Mugkin user juga perlu yah merespon kita 🙏🏻🙏🏻. Karena dari beberapa pertanyaan yang saya dapatkan, cukup ada  beberapa juga respon user tidak ada, bahkan seketika hilang lenyap..hahahahaha..sorry 🙏🏻✌️


Nah saya juga pernah gini, notification di kita slow respon seakan akan Kita tidak menjawab dengan cepat. Hehehehe, tapi tidak apa, namanya proses belajar yah 🙏🏻🙏🏻

23 Agustus 2021, 08:00

Alo dr. Loysa Sp.A, baik terima kasih atas tanggapannya dok. Mungkin jika ada kendala notifikasi atau teknis bisa dilaporkan ke tim operasional juga dok agar bisa dibantu untuk dimaksimalkan kembali. Semoga dapat lebih baik kedepannya dokter. 

20 Agustus 2021, 18:54
Slmt sore. Salam sehat. Kendala lbh ke arah teknis. Biasanya sewaktu sdh mulai chat, trkdg notifikasi baru bunyi stlh bbrp menit shg mmpngaruhi respon time dlm mnjawab konsultasi.
Kemudian sebaiknya sewaktu kita mnjawab konsultasi dg user A, User B dst juga diinformasikan bahwa kita sdg ada konsultasi dg user lain shg mencegah kesalahpahaman user thd respon chat kita
Mgkin ada bbrp mslh sinyal,  jaringan aplikasi dsb yg prl diperkuatTerima kasih saran dan recall-nya🙏🏻😇😊
20 Agustus 2021, 20:14
Alo teman2 sejawat, memang kendala yg sy rasakan juga kadang notifikasi masuk secara bersamaan. Chat dgn pasien dlm wkt yg bersamaan terkadang membuat respon time menjad lambat dan menjadi kurang fokus . Terkadang pasien masuk bersamaan langsung 4 atau 5 chat... sehingga bingung mau jawab secara cepat dan maksimal.
23 Agustus 2021, 08:02

Alo dokter, terima kasih atas tanggapannya dok. Mungkin jika ada kendala notifikasi atau teknis bisa dilaporkan ke tim operasional juga dok agar bisa dibantu untuk dimaksimalkan kembali. Semoga dapat lebih baik kedepannya dokter. 

20 Agustus 2021, 20:31
dr.Arifatun Nisa, Sp.A
dr.Arifatun Nisa, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
Alo dokter..
Terima kasih atas remindernya
Seringnya user tidak sabar.. belum ada 5 menit sudah komplain dulu, padahal sering sekali 4 chat masuk bersamaan..dan kami butuh waktu untuk mengetik dan mengedukasi user 1 dan user lainnya.. dimana kita sedsng anamnesis/ menjelaskan ke user A, user B sudah komplain tidak sabar..
Sangat sering kali jg saat anamnesis, tiba2 user menghilang dan tidak menjawab pertanyaan yg ditanyakan tanpa konfirmasi apapun.
23 Agustus 2021, 08:42

Alo dr. Arifatun Nisa Sp.A, terima kasih atas tanggapannya dok. Salah satu saran mungkin bisa edukasi pada usernya dok agar bisa menunggu karena sedang menjawab konsultasi lainnya juga. Kemudian jika memang user tidak merespons, dokter bisa menunggu 30 menit dok lalu bisa melanjutkan dengan berikan terlebih dahulu penjelasan umum sebelum akhiri percakapan karena user tidak lagi merespons lebih dari 30 menit. Demikian dok, semoga dapat membantu..

21 Agustus 2021, 05:56
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Alo teman sejawat
Saat ini sering notifikasi telat masuk dan sering, padahal udah diposisi dichat. Dan beda dengan yg dulu, saat kita sedang menjawab chat pun  , klu ada pasien yg masuk kita perlu ke home baru masuk kembali ke chat baru terlihat ada yg baru masuk.
Dan tentu masalah internet atau apa ya, chat kitapun tidak langsung diterima oleh yang konsul.
Dan tentu ini mempengaruhi respon time.
Dan tentu kami rasanya tidak nyaman juga, kalau harus balik ke home disaat sedang menjawab pertanyaan. Dulu bila saat menjawab, balik ke chat awal sudah terlihat klu ada yg masuk.
21 Agustus 2021, 10:30
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Kebetulan di jam ini mengalami, jadi hari ini jaga, udah dicek dichat gak ada, balik ke home dan kembali ke chat gak ada. Ini barusan  buka dichat gak ada , balik ke home dan kembali chat muncul 4 yg mau konsultasi
21 Agustus 2021, 10:32
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Ini keluar dulu
21 Agustus 2021, 10:33
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Dan kembali ke chat muncul 4 yg bertanya, dengan jarak 30 menit
21 Agustus 2021, 17:41
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Saya juga pernah sperti itu dok...
23 Agustus 2021, 08:44

Alo dr. Tini, Sp.KJ, baik terima kasih atas tanggapannya dok. Jika demikian mungkin bisa dipastikan sinyal dalam keadaan stabil dan menggunakan aplikasi Alomedika yang versi terbaru dok.. namun jika masih ada kendala teknis bisa dilaporkan pada tim operasional dok agar nanti bisa dibantu kendalanya. Semoga dapat dimaksimalkan kembali untuk kedepannya ya dok. 

21 Agustus 2021, 21:14
dr. Bilkis, SpTHT- KL
dr. Bilkis, SpTHT- KL
Dokter Spesialis THT
Saya blm pernah ikut serta di apliksi praktek online di alodokter jd ga tau pengalamannya yg saya alami di apliksinlain iya memang waktu itu dipentingkam sbgi timer tp kalau kita ga bisa mengatur nya salah2 kadang percakapannya secara kaya istilah barbar nulisnya
21 Agustus 2021, 21:18
Alo, dr. Olvy. Izin ikut berdiskusi ya dok.
Saya sering menemukan pasien yg tidak sabaran.
Baru 2 menit chat masuk langsung halo halo terus.
Lalu dok, pasien belum tahu mengenai 30 menit durasi chat tanpa balasan akan ditutup oleh medical advisor. Jadi sebaiknya hal ini diberitahukan ke pasien saat di awal chat by system. Terima kasih dok.
23 Agustus 2021, 08:46

Alo dr. Ariante, terima kasih atas tanggapan dan sarannya ya dok. Sejauh ini memang belum ada disclaimer di awal, jadi mungkin bisa diberikan dulu pengertian dan edukasi pada pasiennya misal untuk menunggu dan stand by dalam percakapan. 

22 Agustus 2021, 11:39
Terima kasih dok remindernya, beberapa kali masuk pertanyaan langsung dari user berbayar namun tidak muncul notif di aplikasi sehingga kadang ketika setelah selesai menangani user lain dan pas mau ambil pertanyaan muncul notif ada 2 pertanyaan yg belum terjawab jadi scroll kebawah dlu baru nyadar kalau ada chat lgsg yg belum terbalas, ini gmana ya dok solusinya
23 Agustus 2021, 08:47

Alo dr. Laysa, terima kasih atas tanggapannya. Mengenai notifkasi mungkin saran dari thread ini dapat membantu https://www.alomedika.com/komunitas/topic/mengoptimalkan-notifikasi-alomedika

Kalau memang sudah dicoba namun masih terkendala, bisa dilaporkan ke tim operasional ya dok. 

22 Agustus 2021, 15:56
dr.Kholidatul Husna, SpPD
dr.Kholidatul Husna, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Hampir sama dengan pengalaman para dokter lainnya, sebaiknya saat chat awal user diberitahu perihal respon time tersebut yg otomatis by sistem, karena beberapa user sudah halo halo padahal respon time kurang dari 5 menit disaat kita meresepkan obat untuk user lainnya.
Mungkin user tidak tahu bahwa dokter bisa sekaligus membalas chat dari 4 user berbeda.
Terima kasih, semoga segera terealisasi.
23 Agustus 2021, 08:48

Alo dr. Kholidatul Sp.PD, baik terima kasih atas tanggapan dan masukannya dok.

22 Agustus 2021, 21:40
Alo dok, terima kasih reminder nya. Pengalaman saya saat membalas chat kadang bersamaan dgn chat user lain dan pernah dikomplain juga terkait hal itu. Mungkin bila ada info ke user terkait respon time bagus juga dok. kemudian sering juga dapet user lama gk respon, setelah bbrp jam baru respon dan kadang sudah di jadwal offline. Jd telat balesin. Terus pengalaman pernah lebih 6 jam user tidak respon tapi belum tertutup secara otomatis. Menurut saya kalau sampai 6 jam baru tertutup otomatis itu terlalu lama.
23 Agustus 2021, 08:50

Alo dr. Ajeng, terima kasih atas tanggapannya dok. Pada kondisi jika user belum menjawab atau tidak ada tanggapn lebih dari 30 menit, dokter bisa berikan dulu penjelasan umum atau jawabannya kemudian setelahnya bisa menutup chat. 

23 Agustus 2021, 00:02
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Kalo pasien balas chat per 15-30 menit gimana dok? Atau katakan per 20 menit? Kita ttp tunggu sampai 30 menit?
23 Agustus 2021, 06:48
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Benar dok, sering nih yg seperti ini. Menurut rules harus ttp ditunggu, tp menurut hemat saya chat tsb bs dilaporkan sbg spam 🤭Karena sangat merugikan time management dan pasien lain yg mungkin lebih butuh dan responsif
23 Agustus 2021, 08:53

Alo dokter, kalau pasien masih merespons tentu dapat kita jawab sesuai ketentuan waktunya agar tidak terlalu lama. Namun, kalau memang selanjutnya tidak ada respons lagi setelah dianamnesis maka bisa ditunggu minimal 30 menit dulu dok lalu bisa berikan penjelasan umum sesuai pertanyaannya kemudian setelahnya dapat mengakhiri percakapan karena sudah 30 menit lebih user tidak ada respon lagi. 

23 Agustus 2021, 00:21
Alo dokter, meresume dan mengalami hal yang serupa dengan yang dialami TS. Kendala yang kami alami dalam menepati respon time adalah:
1. Notif atau pembaruan chat  seringkali tidak muncul, menurut saya ini kendala teknis yang paling sering terjadi. Sering juga tidak muncul merah2 tanda notif.
2. Chat masuk/ balasan chat masuk bersamaan cukup banyak
3. Saya kadang lupa menutup chat, padahal sudah closing. Eh tiba2 pasien chat di jam offline dan tidak terjawab🙏
4. Chat boot kurang sesuai dan pasien sudah komplain duluan
5. Pasien menghilang, lalu tiba2 muncul menjelang shift habis, butuh waktu bagi dokter utk tune in dengan dengan pertanyaan & riwayat awal. Kadang memang kalau sedang padat, kami tidak sempat closing setelah 30 menit.
Terimakasih... mohon masukan dan bantuannya.
23 Agustus 2021, 08:58

Alo dr. Merita, terima kasih atas tanggapannya dok. 

Mengenai notifikasi, mungkin thread ini bisa membantu https://www.alomedika.com/komunitas/topic/mengoptimalkan-notifikasi-alomedika

Jika masih ada kendala, bisa dilaporkan pada tim operasional ya dok.

Selain itu memang yang penting adalah dalam menjawab pertanyaan yang masuk secara bersamaan penting untuk tetap bisa mengelola semua pertanyaan yang masuk dengan baik. Jika memang percakapan sudah selesai, semua penjelasan sudah dibertikan dan user sudah memahami penjelasan dokter maka bisa izin untuk akhiri percakapan dok guna menghindari masih ada pertanyaan yang masuk sampai di luar shift dokter. 

Kalau chatbot ada yang tidak sesuai, dokter bisa konfirmasi kembali dengan anamnesis dan berikan penjelasan yang sesuai. 

Jika pasien tidak merespons, bisa diperhatikan untuk menunggu minimal 30 menit ya dok lalu bisa berikan penjelasannya terlebih dahulu sebelum mengakhiri percakapan.

Semoga dapat membantu dok.