Reconstructive Microsurgery & Oncoplasty - Diskusi Dokter

general_alomedika

Perkembangan teknologi memperkenalkan kita pada teknik rekonstruksi bedah mikro dengan berbagai potensinya. Bedah mikro memungkinkan seorang ahli bedah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Reconstructive Microsurgery & Oncoplasty

    22 Juli 2021, 20:42

    Perkembangan teknologi memperkenalkan kita pada teknik rekonstruksi bedah mikro dengan berbagai potensinya. Bedah mikro memungkinkan seorang ahli bedah plastik untuk dapat melakukan transfer jaringan dari bagian tubuh yang berjauhan untuk melakukan tindakan rekonstruksi. Bedah mikro juga sering digunakan untuk melakukan rekonstruksi pasca pengangkatan jaringan tumor/keganasan. Berikut kami hadirkan berbagai contoh modalitas jaringan yang sering digunakan dalam rekonstruksi bedah mikro dan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh seorang ahli bedah plastik dalam bidang bedah mikro.

    #plasticsurgery #plasticsurgeon #plasticsurgeryresidents #plasticsurgeryresidency #plasticsurgerygoals #plasticsurgeryeducation #plasticsurgeryindonesia #bedahplastik #bedahplastikrekonstruksidanestetik #spesialisbedah #microsurgery #microsurgeon #bedahmikro #rekonstruksimikro #freeflap #flapreconstruction

    +1
22 Juli 2021, 20:59
Alo Dr. M Rachadian R Sp.BP-RE, 
Terima Kasih untuk sharing knowledge nya. Mohon ijjn bertanya ya dok. 
Reconstructive microsurgery ini sudah common dikerjakan di Indonesia? Jika Iya, untuk recovery dan prognosis dengan tindakan ini lebih baik dari yang sebelumnya? 


Terima Kasih Dokter

24 Juli 2021, 23:37
Alo dokter Roshni, terima kasih atas pertanyaanya. Saat ini di Indonesia masih terbatas beberapa RS besar tingkat pusat. untuk di center kami saat ini jumlah total free flap sebanyak 484 (2008-2021), dengan success rate 94%. Untuk hospital stay pasca tindakan, karena operasi ini cukup besar (sekelas transplant) sekitar 4-7 hari. Prognosis (pada kasus free flap yg success) dibandingkan rekontruksi dgn flap lokal atau regional jauh lebih baik, karena tissue specifity yg tinggi dan donor morbidity yang rendah.