Publikasi Indonesia di Lancet - Sistem Jaminan Kesehatan Nasional - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter! Sudah baca hasil publikasi anak bangsa yang berhasil dimuat di Lancet? Review ini membahas mengenai sistem pembiayaan kesehatan di Indonesia,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Publikasi Indonesia di Lancet - Sistem Jaminan Kesehatan Nasional

    09 Januari 2019, 10:27

    Alo dokter!

    Sudah baca hasil publikasi anak bangsa yang berhasil dimuat di Lancet? Review ini membahas mengenai sistem pembiayaan kesehatan di Indonesia, mulai dari sejarahnya, kondisi saat ini, hingga apa yang harus dikembangkan di masa depan.

    Bosan dan tidak tertarik dengan topiknya? Jurnal ini menyediakan poin praktis untuk diterapkan oleh dokter umum untuk dapat membantu sistem jaminan kesehatan nasional.

    Alomedika telah merangkum jurnal ini dan menekankan apa saja peran dokter umum untuk dapat membantu sistem jaminan kesehatan nasional ini, di antaranya adalah memotivasi pasien yang belum bergabung dengan BPJS untuk bergabung dengan BPJS, khususnya pasien dari kalangan pekerja bukan penerima upah dengan status ekonomi menengah ke atas (misalnya pengusaha)

    Aspek lain yang perlu diperhatikan dokter umum adalah peningkatan kompetensi dokter dan fasilitas di layanan kesehatan primer untuk dapat menguasai 144 diagnosis dan 11 kondisi medis yang ditetapkan IDI untuk dapat dilayani di tingkat kesehatan primer. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu meringankan defisit BPJS lho.

    Selengkapnya mengenai telaah jurnal Alomedika terbaru ini, silahkan dilihat pada link berikut:

    https://www.alomedika.com/telaah-jurnal-alomedika-peran-dokter-umum-untuk-membantu-jaminan-kesehatan-nasional

09 Januari 2019, 10:30

O ya, TS ada pengalaman menarik terkait urusan dengan BPJS tidak? Mungkin ada yang bisa dishare dan didiskusikan di thread ini..

09 Januari 2019, 11:07
Wah kalau pengalaman dengan BPJS banyak skali ya.

Senangnya, pasien tidak mampu dapat mendapay pelayanan utk keluhannya

Tidak senangnya,tentu saja sejujurnya banyak tindakan yang kurang EBM, misalkan kesulitan utk lakukan pemeriksaan penunjang, lalu klaim yang minus, shingga menyulitkan RS utk cari tenaga dokter spesialis karena sistem bagi hasilnya Kurang menguntungkan
09 Januari 2019, 10:40
Sangat bermanfaat artikelnya
09 Januari 2019, 11:43
Pengalaman 5 tahun ini melayani pasien dalam sistem JKN/BPJS kesehatan, pasti semua TS juga mengalami suka duka nya. Dari aturan yg sering berganti ganti, polemik rujukan, jasa medis yg minim, standar pelayanan menurun akibat tidak sesuai EBM, dsb.
Membicarakan tentang BPJS sungguh membuat speechless, semoga ke depan ada perubahan yg lebih baik.amin
10 Januari 2019, 08:33
dr. Samuel, Sp.P, FPCP
dr. Samuel, Sp.P, FPCP
Dokter Spesialis Paru
Apakah kl semua rakyat ikut terus sistem di BPJS jd lbh baik? Apakah mnrt BPJS saat ini sdh menghargai kerja para dokter dg wajar atau hanya berusaha membuat pengobatan yg terjangkau tp dg 'menekan tenaga dokter serta perusahaan farmasi?', apakah dg semua rakyat ikut bayar BPJS kinerja 'pembesar' di BPJS jd lebih baik dan manusiawi thdp RS, dokter, dan paramedis lain? Kl pertanyaan itu msh blm bisa dijawab dg jujur ya percuma aja sih gembar gembor di luar negeri seolah sdh berjalan mulus dan kl dokter bersuara nanti dibilang tdk berjiwa sosial dan tdk mau melayani.☺
10 Januari 2019, 09:42
Setuju Dok,  memang masih banyak sistem yang harus diperbaiki.