Platelet-rich plasma atau PRP hair growth apakah memiliki keefektifan yang tinggi untuk mengatasi kasus kebotakan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamu'alaikum... alodokter, izin bertanya, apakah PRP hair growth dgn darah sendiri efektif untuk menumbuhkan rambut pada wanita dengan kasus...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Platelet-rich plasma atau PRP hair growth apakah memiliki keefektifan yang tinggi untuk mengatasi kasus kebotakan

    16 Juli 2020, 10:09

    Assalamu'alaikum... alodokter, izin bertanya, apakah PRP hair growth dgn darah sendiri efektif untuk menumbuhkan rambut pada wanita dengan kasus baldness?


    Wanita usia 29 tahun, kebotakan savin d4, rambut selalu cepat tumbuhnya, rambut os juga panjang, tapi rontok parah dan mulai botak. Pasien tdk menyusui, belum pernah menikah, tdk ada penyakit penyerta lainnya. Asupan nutrisi seimbang, istirahat dan olahraga. Tidak mewarnai rambut atau tindakan pada rambut lainnya. Hanya memakai shampoo drug store.

16 Juli 2020, 13:54

ALO, dr. Fauzan!

Menurut saya, sebelum menentukan terapi yang tepat, perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebab alopecia pada pasien ini, seperti penyakit autoimun dan tiroid.

Berbagai studi telah dilakukan untuk menilai efektivitas PRP pada alopecia androgenetik. Sebagian besar studi menunjukkan bahwa PRP efektif dalam meningkatkan diameter dan densitas rambut. Namun, studi tersebut masih dilakukan dengan sampel yang kecil dan kebanyakan tidak dilakukan dengan metode pengacakan. Saat ini, PRP belum disetujui FDA sebagai terapi alopecia.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6374694/

https://www.karger.com/Article/Fulltext/477671

https://www.fda.gov/media/112100/download

16 Juli 2020, 14:07
Terimakasih banyak  sharing ilmunya dok.